KARYA DOSEN Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif dan Teamwork Terhadap Kinerja Agen PT Axa Financial Indonesia Cabang Malang

Yosy Ferdiyan Adi Pratama

Abstrak


ABSTRAK

Agen asuransi memiliki posisi dan peran sentral dalam mendukung berkembangnya suatu perusahaan asuransi. Faktor penting yang harus dimiliki pemimpin dalam agen adalah jiwa kepemimpinan yang pemimpin terapkan kepada agen dibawahnya. Karena model kepemimpinan yang pemimpin terapkan kepada agen bawahannya berdampak kepada kinerja yang agen berikan untuk perusahaan. Selain model kepemimpinan, agen juga perlu menerapkan kerja sama dalam tim / teamwork dalam meningkatkan kinerja perusahaan.

Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu

(1) Mengetahui kondisi kepemimpinan partisipatif, teamwork dan kinerja agen PT Axa Financial Indonesia cabang Malang ;

(2) Mengetahui pengaruh kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja agen PT Axa Financial Indonesia cabang Malang ;

(3) Mengetahui pengaruh teamwork terhadap kinerja agen PT Axa Financial Indonesia cabang Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi adalah agen PT Axa Financial Indonesia cabang Malang level financial konsultan dengan sampel berjumlah 108 responden dari 148 agen. Metode dalam penggambilan sampel adalah Sampling Isidental dan setelah dilakukan penelitian semua data dinyatakan reliabel dan valid untuk dilakukan pengujian. Kemudian, dianalisi menggunakan teknik analisis regresi lineaer berganda.

Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa:

(1) ; Agen PT Axa Financial Indonesia cabang Malang memiliki gaya kepemimpinan partisipatif dan teamwork yang sangat kuat dan kinerja yang sangat baik ;

(2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja agen PT Axa Financial Indonesia cabang Malang ;

(3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara teamwork terhadap kinerja agen PT Axa Financial Indonesia cabang Malang. Rata – rata agen yang mempunyai pekerjaan lain selain menjadi agen lebih mudah mendapatkan nasabah baru dibandingkan dengan agen murni.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diajukan peneliti adalah (1) Bagi PT Axa Financial Indonesia cabang Malang sebaiknya merekrut anggota agen yang mempunyai pekerjaan lain sehingga bisa lebih mudah mencari nasabah baru dalam asuransi (2) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk meneliti variabel yang sama namun dalam kinerja yang berbasis tim di objek yang berbeda.