KARYA DOSEN Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengelolaan Wisata Kampung Tematik Dalam Perspektif Community Based Tourism (Studi Kasus Kampung Heritage Kajoetangan, Kota Malang).

Septyastuti Ardiana Wicky

Abstrak


RINGKASAN

Septyastuti, Ardiana Wicky. 2019. Pengelolaan  Wisata Kampung Tematik Dalam Perspektif Community Based Tourism (Studi Kasus Kampung Heritage Kajoetangan, Kota Malang). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agus Sumanto S.E, M.Sa.

Kata Kunci: pariwisata, pengelolaan, masyarakat

Sektor pariwisata sekarang ini telah berkembang menjadi salah satu industri terbesar di Indonesia. Kepariwisataan juga merupakan salah satu sektor yang menjanjikan dalam upaya peningkatan pendapatan negara dan daerah. Pariwisata juga merupakan salah satu kegiatan yang secara tidak langsung menyentuh dan melibatkan masyarakat setempat. Pemberdayaan masyarakat yang berada di lokasi yang menjadi tujuan wisata melalui kegiatan usaha kepariwisataan merupakan salah satu model pembangunan yang sedang mendapatkan banyak perhatian dari berbagai kalangan. Perencanaan pengembangan kepariwisataan yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat yang mengedepankan partisipasi masyarakat setempat sebagai subjek pembangunan yang dikenal dengan istilah Community Based Tourism (CBT).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan objek wisata kampung tematik di Kota Malang khususnya pada Kampung Heritage Kajoetangan dengan prespektif Community Based Tourism (CBT) serta untuk mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pengelolaan wisata tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara serta studi pustaka. Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif menurut Miles dan Hubberman, sehingga memiliki tiga tahapan analisis yaitu data condensation atau proses memilih serta menyederhanakan data, data display atau penyajian data dari hasil pengolahan sebelumnya menjadi data yang teratur dan terlihat secara keseluruhan untuk mempermudah penarikan kesimpulan. Serta conclusion atau menarik kesimpulan berdasarkan data yang sudah terkumpul dan diteliti. Data yang digunakan adalah hasil dari serangkaian observasi dan studi pustaka yang dilakukan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Kampung Heritage Kajoetangan, serta wawancara dengan beberapa wisatawan yang sedang berwisata ke Kampung Heritage Kajoetangan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pengaplikasian Community Based Tourism pada pengembangan wisata Kampung Heritage Kajoetangan di Kota Malang belum sepenuhnya berjalan dengan baik karena masyarakat dirasa masih belum terlalu dilibatkan dalam proses pengelolaan kampung Heritage Kajoetangan, pengelolaan wisata saat ini masih berada dibawah kendali pihak Pokdarwis Kampung Heritage Kajoetangan. Namun dalam kepastian penerimaan manfaat serta kepastian penerimaan pendidikan kepariwisataan bagi masyarakat sudah dapat dirasakan oleh masyarakat setempat. Serta terdapat faktor pendukung dalam pengelolaan wisata ini yaitu adanya daya tarik wisata yang berbeda dengan kampung tematik lainnya dan peran dari pemerintah daerah dan masyarakat lokal untuk berkerja sama dalam mengembangkan potensi wisata tersebut serta terdapat faktor penghambat dalam pengelolaan wisata kampung Heritage Kajoetangan yaitu sulitnya mengubah pola pikir masyarakat setempat mengenai pentingnya pengelolaan yang baik dari sebuah objek wisata.