KARYA DOSEN Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENDAPATAN TERHADAP TINGKAT PEMBAYARAN ZAKAT PROFESI DENGAN E-MONEY SEBAGAI VARIABEL MODERATING DI KECAMATAN BANGIL KABUPATEN PASURUAN

Yusinda Ina Octaviana

Abstrak


RINGKASAN

Yusinda, Ina Octaviana. 2019. Pengaruh Pendapatan Terhadap Tingkat Pembayaran Zakat Profesi Dengan E-Money Sebagai Variabel Moderating Di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Agus Sumanto, S.E., M.SA.

Kata kunci: Pendapatan, Zakat Profesi, E-Money.

Zakat profesi sebagai salah satu bentuk zakat yang dibayarkan oleh para pekerja berdasarkan pada nisab atau batasan yang telah ditentukan untuk pembayaran zakat profesi. Kecamatan Bangil memiliki nisab yang mengikuti peraturan pemerintah Kabupaten Pasuruan yakni menggunakan nisab perak dengan batas nisab sebesar Rp 6.139.000, sehingga jika pendapatan dari individu telah mencapai nilai tersebut maka diwajibkan padanya berzakat profesi sebesar 2,5% dari hasil tersebut. Perkembangan pada pembayaran zakat profesi diikutsertakan dengan perkembangan ekonomi digital yang memberikan inovasi pada sistem pembayarannya yakni berupa e-money. Adanya alat pembayaran berbasis elektronik ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang enggan untuk datang ke lembaga amil zakat agar tetap menyalurkan zakat profesinya.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari pendapatan terhadap tinggi rendahnya masyarakat untuk membayarkan zakat profesi dengan adanya e-money sebagai alat pembayaran yang akan mempermudah masyarakat dalam penyaluran zakat profesi di setiap bulannya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan alat analisis yang digunakan yaitu SPSS 20.0 dengan menggunakan Moderating Regression Analysis. Penelitian ini menggunakan lokasi penelitian di Kecamatan Bangil dengan mengambil sampel pada masyarakat. Data yang digunakan berupa pengumpulan data primer melalui sistem penyebaran kuesioner kepada subjek penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara pendapatan terhadap pembayaran zakat profesi. Hal tersebut sesuai dengan syarat pembayaran zakat profesi dimana diharuskannya penghasilan yang diperoleh telah melebihi nisab atau batasan wajib untuk pembayaran zakat profesi. Oleh karena itu, ketika pendapatan individu naik maka dapat berdampak pada kenaikan pembayaran zakat profesi sesuai dengan nilai lebih yang diperoleh. Namun jika pendapatan yang didapat tidak mencapai nisab yang telah ditetantukan, maka individu tersebut tidak diwajibkan untuk membayarkan zakat profesinya tetapi diganti dengan membayarkan infaq ataupun shodaqoh.

Hasil penelitian yang signifikan juga ditunjukkan dari uji MRA atau Moderating Regression Analysis dimana e-money berperan sebagai moderasi diantara pendapatan dengan pembayaran zakat. Hasil tersebut menyatakan bahwa dengan adanya e-money atau elektronik money sebagai alat pembayaran non tunai dapat memperkuat tingkat pembayaran zakat profesi di Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan. Dengan kata lain, e-money dapat mempermudah masyarakat dengan tingkat pendapatan yang telah mencapai nisab namun dengan waktu luang yang minim untuk membayarkan zakat profesinya tanpa harus mendatangi lembaga amil zakat.