KARYA DOSEN Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Nadia . Nurudini

Abstrak


ABSTRAK

Koneksi matematis berperan penting bagi siswa dalam memahami pengetahuan sebelumnya untuk membangun pengetahuan yang baru. Koneksi matematis adalah salah satu kemampuan dasar matematika melalui kegiatan yang meliputi mengaitkankonsep antar topik matematika, matematika dengan ilmu yang lain dan matematika dengan kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci:mendeskripsikan tentang koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar.

Koneksi matematis siswa dilihat dengan menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar. Materi bangun ruang sisi datar dipelajari siswa kelas VIII yang membahas tentang kubus dan balok.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa MTs. Sultan Agung Kalipare Kelas VIII dengan dibagimenjadi tiga kelompok kemampuan matematis yaitu kemampuan matematis tinggi, sedang dan rendah, masing-masing terdiri dari 1 siswa. Koneksi matematis siswa dilihat berdasarkan hasil tes koneksi matematis dan hasil wawancara dengan subjek penelitian. Soal tes koneksi matematis terdiri dari 2 soal tentang bangun ruang sisi datar kususnya kubus dan balok yang sudah diajarkan. Soal nomer 1 berkaitan dengan koneksi antar topik matematika dan soal nomer 2 berkaitan dengan koneksi matematis dengan ilmu lain dan koneksi matematis dengan kehidupan sehari-hari. Dari hasil tes dan wawancara tersebut selanjutnya dideskripsikan koneksi matematis masing-masing subjek penelitian berdasarkan indikator dalam menyelesaikan soal tes koneksi matematis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa koneksi matematis subjek dapat dideskripsikan berdasarkan cara subjek dalam menyelesaikan soal matematika yang dilihat pada setiap indikator koneksi matematis. Pada  indikator koneksi antar topik matematika ditunjukkan oleh 2 subjek yaitu subjek dengan kemampuan tinggi dan subjek dengan kemampuan sedang.Pada indikator koneksi matematis dengan ilmu lain, hanya ditunjukkan oleh 1 subjek yaitu subjek dengan kemampuan tinggi saja. Dan pada indikator koneksi matematis dengan kehidupan sehari-hari ditunjukkan oleh ketiga subjek penelitian yaitu subjek dengan kemampuan tinggi, subjek dengan kemampuan sedang dan dan subjek dengan kemampuan rendah. Sehingga pada umumnya subjek mengalami kesulitan dalam menemukan koneksi matematis dengan ilmu lain.