KARYA DOSEN Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kausalitas Antara Pasar Modal Dengan Pasar Valuta Asing: Studi Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2018

ARIANTO YUSUF

Abstrak


ABSTRAK

Arianto, Yusuf. 2019.Hubungan Kausalitas Antara Pasar Modal Dengan Pasar Valuta Asing : Studi Pada Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2018. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ely Siswanto, S.Sos., M.M.

Kata Kunci:  Pasar modal, pasar valuta asing, Indeks Harga Saham Gabungan, nilai tukar, uji kausalitas.

Permasalahan melemahnya kurs mata uang lokal terhadap mata uang asing menyebabkan goncangan terhadap harga di pasar-pasar dan tak terkecuali dengan pasar modal yang memperjualbelikan surat-surat berharga jangka panjang untuk modal usaha. Harga Indeks Harga Saham Gabungan pada Bursa Efek mengalami penurunan seiring dengan melemahnya kurs mata uang domestik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hubungan kausalitas antara pasar modal dan pasar uang di Indonesia.

Penelitian ini menggunakan nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebagai indikator dari pasar modal dan nilai tengah tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat sebagai indikator dari pasar uang. Penelitian ini menggunakan jangka waktu 2008-2018 dengan periode waktu harian dan bulanan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dengan jenis data sekunder. Pengujian data yang dilakukan adalah uji stasioner, uji Lag optimum, uji kointegrasi, dan uji kausalitas.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kausalitas satu arah dari nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ke nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat. Nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan mempengaruhi gerak dari nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih dipakai sebagai indikator keadaan perekonomian negara Indonesia. Selain itu, banyaknya investasi asing di Indonesia membuat hubungan dari dari nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ke nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat semakin kuat.

Disarankan bagi peneliti selanjutnya agar memperpanjang lagi waktu penelitiannya dan menambah variabel-variabel yang terikat dengan pasar modal dan pasar uang agar bisa secara luas dan akurat dalam menggambarkan hubungan antara nilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ke kurs tengah rupiah terhadap dollar Amerika Serikat. Sedangkan bagi investor sebagai bahan pertimbangan dalam keputusan investasi pada pasar modal ataupun pasar uang, serta bagi pemerintah (regulator) sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan yang berkaitan dengan kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat dan nilai IHSG agar bisa meredam ketidakstabilan yang diakibatkan oleh faktor-faktor internal maupun eksternal.