KARYA DOSEN Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media E-Learning Teknologi Perkantoran Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Peserta Didik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang

Rahmawati Fadhilah

Abstrak


ABSTRAK

Rahmawati, F. 2019. Pengembangan Media E-Learning TeknologiPerkantoranBerbasis Schoology UntukMeningkatkanLiterasiTeknologiInformasi dan Komunikasi (TIK)PesertaDidik di SMK Muhammadiyah 7 GondanglegiKabupatenMalang. Skripsi, Program StudiPendidikan AdministrasiPerkantoran,JurusanManajemen, FakultasEkonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:Drs. H. Mohammad Arief, M.Si.

Kata Kunci: Pengembangan, E-learning, Media, Schoology, Teknologi

PerkantoranPerkembanganteknologiinformasi dan komunikasi (TIK) yang semakinpesattelahmengubahcaramengajarpendidik dan carabelajarpesertadidik.Dalamsuatu proses pembelajaranterdapat salah satuunsur yang sangatpentingyaitu media pembelajaran. Jikapenggunaan media pembelajarandidukung oleh pemanfaatanteknologi yang baikmakadapatterciptapembelajaran yang menyenangkan. Selainitu, media pembelajarandapatmembangkitkanmotivasi, minat, dan pemahamanpesertadidik.

Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmenghasilkan mediae-learningberbasisSchoology pada matapelajaranTeknologiPerkantoran, menguji kelayakanmedia e-learningberbasisSchoology pada matapelajaranTeknologiPerkantoran, dan meningkatkanliterasi TIKpesertadidikdenganpenerapan media e-learningberbasisSchoology di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi.

Prosedurpenelitian dan pengembangan media pembelajaraninimengacu pada model 4D. Model 4D menurut Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (dalamTrianto, 2012:93) merupakan model pengembanganproduk yang paling sesuaidalammenghasilkan media pembelajaran. Model inidipilih oleh penelitikarena model initersusunsecaraterprogramdenganurutan yang sistematisdalamupayapemecahanmasalahpembelajaran yang berkaitandengan media ajar yang sesuaidengankebutuhanpesertadidik.Model initerdiridari 4 tahapyaitu 4D ataubisadisebut 4P, yaitutahapPendefinisian(Define),tahapPerancangan(Design),tahapPengembangan(Develop), dan tahapPenyebarluasan(Disseminate).

Berdasarkanpenelitian dan pengembangan yang telahdilakukandihasilkanprodukberupa media e-learning TeknologiPerkantoranberbasisSchoology untukmeningkatkanliterasi TIK pesertadidik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Produk yang dikembangkanmemperolehkriteriasangatvalid denganskor 97,60% oleh validator ahlimateri dan memperolehkriteriasangat valid denganskor 98% oleh validator media. Selainitu, hasil uji cobaterbatasmemperolehkriterialayakdenganskor 84,4% dan media e-learning berbasisSchoology mendapatkanrespon yang baikdaripesertadidik.  Sehinggadapatdisimpulkanbahwa media e-learning TeknologiPerkantoranberbasisSchoology yang dikembangkanlayakuntukdigunakandalamkegiatanpembelajaran.