KARYA DOSEN Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Kompetensi Dasar Menguraikan Cara Pembuatan Blog Sederhana (Studi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Malang)

Ridho Agung Pranata

Abstrak


 

 

Pranata, Ridho Agung. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Kompetensi Dasar Menguraikan Cara Pembuatan Blog Sederhana (Studi pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Mohammad Hari, M.Si.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kvisoft Flipbook Maker, Otomatisasi Perkantoran, Cara pembuatan Blog Sederhana

 

Penelitian pengembangan ini didasari oleh terbatasnya media pembelajaran Otomatisasi Perkantoran pada Kompetensi Dasar yang baru yaitu Menguraikan Cara Pembuatan Blog Sederhana yang sesuai dengan kurikulum 2013. Pengembangan pada media pembelajaran belum pernah dilakukan sebelumnya. Pembelajaran menggunakan media berbasis Kvisoft Flipbook Makerdiharapkan dapat meningkatkan minat serta hasil belajar siswa.

Tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis flipbook pada kompetensi dasar menguraikan cara pembuatan blog sederhana untuk siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Malang, 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang telah dihasilkan melalui hasil validasi.

Model penelitian dan pengembangan pada penelitian ini diadaptasi dari model penelitian oleh Borg and Gall (dalam Ali, 2014:112-120) melalui enam langkah penelitian, yaitu 1) pengumpulan informasi dan review hasil penelitian, 2) Penyusunan rencana, 3) Pengembangan bentuk media, 4) Pengujian tahap awal, 5) Revisi media, 6) Uji coba lapangan. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh 1 orang dosen jurusan manajemen program studi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli media, 1 orang guru mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran SMK Negeri 1 Malang sebagai validator ahli materi, dan 24 siswa kelas X SMK Negeri 1 Malang sebagai validator pengguna.

Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran Otomatisasi Perkantoran berbasi Kvisoft Flipbook Maker. Dengan kompetensi dasar menguraikan cara pembuatan blog sederhana. Sajian dan analisis data pada penelitian ini meliputi 3 aspek yaitu 1) aspek kelayakan isi materi, 2) aspek tampilan media, 3) aspek pemrograman media. Berdasarkan penelitian pada ketiga aspek tersebut diperoleh data bahwa media pembelajaran ini dapat dikatakan sangat valid dengan hasil prosentase rata-rata uji validasi 86%. Saran pengembangan media pembelajaran lebih lanjut adalah  penambahan materi blog untuk kegiatan bisnis.