KARYA DOSEN Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengelolaan Air Minum Desa (PAMDES) Gondowangi Kecamatan Wagir Kabupaten Malang

Septian Dwi Palanda

Abstrak


 Palanda, SeptianDwi. 2017.Pengelolaan AirMinumDesa (PAMDes) di DesaGondowangiKecamatanWagirKabupaten Malang.Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr.MitWitjaksono, M.S.,Ed, (2)Dr. Nasikh, S.E.,M.P.,M.Pd.

 

KataKunci:Pengelolaan,Air MinumDesa.PartisipasiMasyarakat

 

Desa Gondowangi adalah salah satu desa yang terletak di kecamatanWagirkabupaten Malang. Desa ini memiliki usaha Pengelolaan Air Minum Desa (PAMDes)  yang dikelola oleh masyarakat desa dalam memenuhi kebutuhan air bersih.Dalam suatu pengelolaan swadaya masyarakat desa diperlukan partisipasi masyarakat desa untuk ikut mengelola PAMDes.Tujuan penelitian ini yaitu melihat bagaimana masyarakat desa Gondowangi ikutdalam mengelola PAMDes, dan mengevaluasi pengelolaan PAMDes yang dilakukan oleh pengurus maupun oleh masyarakat desa.dan manfaat ekonomi yang didapatkan dari adanya PAMDes.

Metode dalam penelitian ini Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Langkah pertama dalam penelitian ini adalah observasi tentang bagaimana pengelolaan airyang dikelola oleh PAMDes Tirto Ageng dan masyarakat desa dan yang kedua manfaat ekonomi yang diperoleh masyarakat desa Gondowangi yang menjadi konsumen. dengan melakukan pengamatan lapangan, wawancara langsung dengan narasumber dan dokumentasi.

Dari hasil analisis data, penelitian menemukan bahwa masyarakat desa Gondowangi ikut serta berpartisipasi dalam mengelola PAMDes, baik dalam perencanaan,pembangunan sarana dan prasarana maupun dalam pengendalianPAMDes.Evaluasi pengelolaan air bersih yang dikelola oleh PAMDes Tirto Ageng dengan partisipasi masyarakat desa Gondowangi ada beberapa poin yang harus diperhatikan, pertama partisipasi masyarakat dalam pembayaran,  yang keduaKordinasi antar pengurus PAMDesTirto Ageng, yang ketiga solusi apabila PAMDes mengalami masalah kerusakan sarana dan prasarana yang dampaknya terhadap distribusi air kemasyarakat desa Gondowangi.