KARYA DOSEN Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Deteksi dan Identifikasi Conception Rate Gene Sapi (Bos taurus) Kembar Berbasis Mikrosatelit dan Pengembangannya sebagai Buku Ajar Matakuliah Genetika

EVI KRISTIANA

Abstrak


ABSTRAK

 

Capaian pembelajaran berupa kemampuan memanfaatkan pengetahuan dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat melalui pemanfaatan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS)diatur dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), menjadi suatu keharusan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), seperti di Universitas Jember.Salah satu permasalahan pangan masyarakat Indonesia adalah kebutuhan daging. Sapi (Bos taurus) merupakan salah satu jenis sapi yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan daging. Conception rate gen merupakan salah satu gen yang menentukan terhadap jumlah implantasi serta berpengaruh terhadap produktifitas sapi. Gen tersebut diambil dari sapi kembar, dimana satu induk betina mampu menghasilkan dua anakan bahkan lebih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi dan mengidentifikasi conception rate gene sapi (Bos taurus) kembar menggunakan penanda mikrosatelit dan mengembangkannya sebagai buku ajar matakuliah genetika untuk mahasiswa S1, materi ekspresi gen. Analisis kebutuhan menunjukkan bahwa belum ada praktikum yang aplikatif untuk materi ekspresi gen, dan belum ada kajian hingga tataran molekuler. Praktikum yang dilakukan selama ini hanya terbatas pada penerapan konsep hukum Mendel, misalnya praktikum persilangan pada Drosophylla melanogaster. Pengetahuan tersebut hanya sebatas teori, belum mengarahkan mahasiswa agar mampu menerapkan konsep ekspresi gen dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Mahasiswa belum mengetahui penerapan konsep genetika secara molekuler.

 Deteksi dan identifikasi conception rate gene menggunakan penanda mikrosatelit merupakan penelitian deskriptif eksploratif, meliputi pengambilan sampel darah sapi (Bos taurus), isolasi DNA, PCR, elektroforesis, sekuensing, dan analisis. Buku ajar matakuliah genetika dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D. Data diperoleh dari validasi ahli materi, ahli pengembangan buku ajar, dan uji keterbacaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa suhu annealing yang digunakan untuk mendeteksi conception rate gene sapi (Bos taurus) kembar adalah 56°C.Pita tunggal yang dihasilkan sesuai dengan ukuran pita target yaitu 218-226 bp. Polipeptida yang terbentuk dari conception rate gene sapi yang diambil dari Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu adalah polipeptida Muskelin dan Aspartic proteinase, sedangkan  yang diambil dari UPT Peternakan Batu adalah polipeptida Xaa-Proamino Peptidase dan PWWP. Data hasil validasi ahli materi, ahli buku ajar, uji kelayakan yang terdiri dari uji kelompok kecil dan uji kelompok besar menunjukkan bahwa buku ajar dengan judul “Buku Ajar Ekspresi Gen Menggunakan Penelitian Deteksi dan Identifikasi Conception Rate Gene Sapi (Bos taurus) Kembar Berbasis Mikrosatelit” memiliki kategori sangat valid dan sangat layak sehingga dapat digunakan oleh mahasiswa Universitas Jember dalam matakuliah genetika.