KARYA DOSEN Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kompetensi Emosional Dan Kompetensi Sosial Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Pemasaran Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Blitar

Devi Lelli Herlina

Abstrak


Kinerja karyawan merupakan suatu hal yang penting dalam pencapaian tujuan suatu organisasi atau perusahaan. Kinerja merupakan perwujudan perilaku kerja seseorang karyawan yang ditampilkan sebagai prestasi kerja. Kompetensi emosional dan kompetensi sosial sangat diperlukan oleh karyawan bagian pemasaran, karena pekerjaan mereka berhadapan langsung dengan nasabah. Ada karyawan bagian pemasaran di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Blitar yang memiliki kompetensi emosional dan kompetensi sosial yang masih rendah, mereka bersikap tidak ramah dan sopan kepada pelanggan. Apabila kompetensi emosional dan kompetensi sosialnya rendah maka akan mempengaruhi kinerja karyawan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kompetensi emosional dan kompetensi sosial serta kinerja karyawan bagian Pemasaran PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Blitar dan menjelaskan pengaruh kompetensi emosional dan kompetensi sosial terhadap kinerja karyawan bagian Pemasaran PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Blitar secara parsial dan simultan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 37 karyawan. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 34 karyawan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi linier berganda. Sebelum menggunakan teknis analisis regresi linier berganda terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas kemudian uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji hipotesis

            Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS, menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi emosional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,012 ≤ 0,05, artinya H1 diterima; (2) Kompetensi sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 ≤ 0,05, artinya H2 diterima; (3) Kompetensi emosional dan kompetensi sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05, artinya H3 diterima.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah kondisi kompetensi emosional dan kompetensi sosial karyawan bagian pemasaran PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Blitar dalam kategori tinggi, dan kondisi kinerja karyawan juga dalam kategori tinggi. Saran dari penelitian ini diharapkan pimpinan lebih memperhatikan standar kompetensi yang diperlukan karyawan sesuai dengan kontribusi yang diberikan kepada perusahaan serta memperhatikan waktu penyelesaian pekerjaan karyawan agar target perusahaan terpenuhi, dan karyawan diharapkan lebih mampu mengontrol emosinya ketika menghadapi nasabah/rekan kerja agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada nasabah.