KARYA DOSEN Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pertumbuhan Arus Kas AktivitasOperasi dan Laba Akuntansi Terhadap Return Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Periode 2013-2015)

Dwi Putri Salma Nabilla

Abstrak


Setiap investor pasti menginginkan keuntungan atau pengembalian yang tinggi dari kegiatan investasinya. Keuntungan atau pengembalian dalam berinvestasi disebut dengan return. Faktor yang dapat mempengaruhi return saham, diantaranya adalah arus kas aktivitas operasi dan laba akuntansi. Arus kas aktivitas operasi merupakan indikator yang menentukan apakah dari operasinya perusahaan dapat menghasilkan arus kas yang cukup untuk melunasi pinjaman,memelihara kemampuan operasi perusahaan, membayar dividen dan melakukan investasi baru tanpa mengandalkan pada sumber pendanaan dari luar. Laba akuntansi sendiri terdiri dari atas 3 (tiga) laba, yaitu laba kotor, laba operasi, danlaba bersih. Laba akuntansi tersebut bermanfaat sebagai indikator efisiensi penggunaan dana perusahaan, pengukur prestasi manajemen, penentu besarnya pajak yang harus dibayar sekaligus sebagai dasar pembagian dividen bagi para investor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pertumbuhan arus kas aktivitas operasi dan laba akuntansi terhadap return saham.

Populasi penelitian ini meliputi perusahaan manufakturyang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang diperoleh sampel sebanyak 80 perusahaan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier sedrhana, uji hipotesis menggunakan uji parsial, dan koefisiendeterminasi (R2). Hasil penelitian menggunakan uji parsial menunjukkan bahwa arus kas aktivitas operasi pada t+1 sampai t+5 tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Laba kotor pada t+1 sampai t+5 tidak berpengaruh positif signifikan terhadap return saham. Laba operasi dan laba bersih pada t+1 sampai t+5 berpengaruh signifikan terhadap return saham. Berdasarkan hasil penelitian maka diharapkan peneliti selanjutnya menambah variabel-variabel penelitian yang lain dan menambah periode pengamatan, supaya mendapatkan hasil penelitian yang lebih efisien. Peneliti selanjutnya juga dapat mengambil subyek perusahaan yang berbeda. Selain itu, peneliti selanjutnya juga dapat menggunakan return saham sebelum dan sesudah publikasi laporan keuangan.