KARYA DOSEN Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Elektronik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas XI Berbasis Online dengan Program Edmodo.

Purwaning tyas

Abstrak


Purwaningtyas. 2016. Pengembangan Modul Elektronik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Kelas XI Berbasis Online dengan Program Edmodo. Tesis, Jurusan Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Wasis D. Dwiyogo, M.Pd, (2) Dr. Imam Hariadi, M.Kes.

Kata Kunci:pengembangan, modul elektronik, PJOK, pembelajaran online program edmodo.

Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti terhadap guru dan siswa kelas XI SMA Brawijaya Smart School Kota Malang diperoleh data bahwa minimnyabahan ajaryang digunakan sebagai ketersediaan dan keanekaragaman sumber belajar dikelas.Pembelajaran cenderung menggunakan tatap muka dan offline yang mengakibatkan pembelajaran menjadi monoton. Sehingga, diperlukannya pengembangan modul elektronik mata pelajaran PJOK kelas XI berbasis online dengan program Edmodo.

       Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media dan sumber belajar siswa kelas XI pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya berupa modul elektronik mata pelajaran PJOK berbasis online dengan program Edmodo.

Model pengembangan yang digunakan adalah model Rancangan Berbasis Blended Learning untuk hasil belajar pemecahan masalah (Dwiyogo,2014) yang meliputi: (1) analisis kebutuhan pemecahan masalah, (2) identifikasi sumber belajar dan kendala-kendala dalam mengaplikasikan pembelajaran berbasis blended learning, dan (3) identifikasi karakteristik pebelajar, (4) menetapkan tujuan pembelajaran, (5) memilih dan, (6) menetapkan strategi pembelajaran, (7) uji coba, (8) revisi, (9) protipe.Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner.

Berdasarkan hasil validasi dan uji coba terhadap modul elektronik mata pelajaran PJOK Kelas XI berbasis online dengan program Edmodo dapat dilaporkan sebagai berikut: (1) validasi ahli media menunjukkan hasil sebesar 84,30%, (2) validasi ahli pembelajaran menunjukkan hasil sebesar 85,48%, (3) validasi praktisi (Guru PJOK) menunjukkan hasil sebesar 85,41%, (4) validasi ahli evaluasi menunjukkan hasil sebesar72,82%, (5) data uji perorangan 89,5%, (6) data uji kelompok kecil82,5%. (7) data uji lapangan (kelompok besar) 85,66%. Secara keseluruhan dapat disimpulkan produk yang telah dikembangkan telah layak dan valid untuk digunakan sebagai media dan sumber belajar.

Saran dalam pengembangan ini terdiri dari pemanfaatan produk dan pengembangan lebih lanjut. Untuk pemanfaatan produk, disarankan guru dapat memanfaatkan metode pembelajaran blended learninguntuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan materi yang lebih lengkap dan bervariatif. Untuk pengembangan lebih lanjut, diharapkan adanya penelitian lanjutan untuk mengukur tingkat efektifitas modul elektronik mata pelajaran PJOK Kelas XI berbasis online dengan program Edmodo.