KARYA DOSEN Fakultas Ekonomi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Pembelajaran Pengelolaan Usaha Pemasaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pemasaran Di SMK Negeri 1 Udanawu Blitar

Oky Kurniasari,

Abstrak


 

Kurniasari, Oky. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Pengelolaan Usaha Pemasaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pemasaran Di SMK Negeri 1 Udanawu Blitar, Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd., M.M. (2) Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd., M.M.

Kata Kunci: Pengembangan Modul Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa

Bahan ajar sangat diperlukan dalam proses pembelajaran karena dapat membantu guru maupun siswa. Salah satu bentuk bahan ajar adalah modul. Modul pembelajaran merupakan bagian penting dalam suatu kegiatan pembelajaran, dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan siswa dalam menerima materi pembelajaran. Modul pembelajaran menyajikan materi yang tercantum dalam kurikulum yang dilengkapi dengan ilustrasi pendukung dan gambar yang berkaitan dengan dunia nyata, sehingga siswa lebih mudah memahami isi materi.

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan modul pengelolaan usaha pemasaran sesuai kurikulum 2013 pada kompetensi dasar mengidentifikasi teknik-teknik memperoleh modal usaha untuk siswa kelas X jurusan pemasaran, (2) mengetahui hasil validasi pengembangan modul pengelolaan usaha pemasaran pada kompetensi dasar mengidentifikasi teknik memperoleh modal berbasis kurikulum 2013, (3) mengetahui motivasi belajar siswa setelah menggunakan pengembangan modul pengelolaan usaha pemasaran pada kompetensi dasar mengidentifikasi teknik-teknik memperoleh modal usaha kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Sugiyono. Subjek penelitian melibatkan 2 validator ahli dan siswa sebagai sebagai uji coba produk dan 30 siswa sebagai uji coba pemakaian. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif persentase.

Hasil penelitian ini mengungkap bahwa (1) Hasil produk yang dikembangkan berupa modul pembelajaran pada mata pelajaran pengelolaan usaha pemasaran kelas X Pemasaran yang dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan baik untuk siswa dan guru, agar pengguna tidak mengalami kesulitan ketika menggunakan modul.  (2) Produk modul pembelajaran yang dihasilkan dinyatakan sangat valid dengan perhitungan ahli penulisan modul sebesar 97,5% dan ahli materi sebesar 80,0%, (3) Produk modul pembelajaran yang dihasilkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan nilai rata-rata motivasi belajar. Rata-rata motivasi belajar sebelum siswa menggunakan modul sebesar 79%, sedangkan rata-rata motivasi belajar setelah siswa menggunakan modul sebesar 85%. Secara keseluruhan modul pembelajaran pengelolaan usaha pemasaran baik dan layak digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran di SMK Negeri 1 Udanawu Blitar.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi pihak sekolah hendaknya dapat lebih meningkatkan lagi pengadaan bahan ajar seperti modul pembelajaran ini, karena telah terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan membantu siswa untuk belajar secara mandiri tanpa didampingi oleh guru.