KARYA DOSEN Fakultas Ekonomi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran SMK Negeri 2 Blitar Tahun Ajaran 2015/2016)

Triyani Triyani

Abstrak


ABSTRACT

 

Triyani, 2016. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Pemasaran SMKN 2 Blitar Tahun 2015/2016).Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Heri Pratikto, M.Si, (II) Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd, M.M

Kata Kunci: lingkungan keluarga, pembelajaran kewirausahaan, minat berwirausaha siswa

Lingkungan keluarga merupakan pendidikan pertama bagi seorang anak yang dapat mempengaruhi kepribadian seorang anak. Didikan dari keluarga tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu penentu keberhasilan anak di masa yang akan datang. Dukungan atau motivasi dari orang tua dapat mempengaruhi minat anak untuk menjadi seorang wirausaha. Pembelajaran kewirausahaan yang ada di sekolah juga dapat mempengaruhi minat siswa menjadi seorang wirausaha. Pembelajaran yang inovatif, menarik, mudah dipahami oleh siswa dapat menimbulkan minat atau ketertarikan siswa menjadi wirausaha. Motivasi dari seorang guru, praktik pembelajaran kewirausahaan dapat menimbulkan rasa ketertarikan siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kondisi variabel lingkungan keluarga, pembelajaran kewirausahaan dan minat berwirausaha siswa; 2) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa; 3)Pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa; 4) Pengaruh lingkungan keluarga dan pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Pemasaran tahun 2015/2016 yang berjumlah 115 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Slovin dan diperoleh sampel sebanyak 82 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui kuesioner/angket. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, dan uji F.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Lingkungan keluarga siswa dalam kategori baik, pembelajaran kewirausahaan dalam kategori baik dan minat berwirausaha siswa dalam kategorisangat baik; 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha siswa; 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa; 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga dan pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas X program keahlian pemasaran SMK Negeri 2 Blitar tahun ajaran 2015/2016.

 

Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada orang tua, guru, siswa dan peneliti selanjutnya agar membimbing, mengarahkan,memotivasi, berinovasi terhadap strategi pembelajaran,meningkatkan prestasi belajar, mengasah kemampuan dan pengetahuan kewirausahaan siswa untuk bekal di masa depan, meneliti faktor-faktor lainnya yang lebih luas cakupannya yang dapat mempengaruhi minat berwirausaha siswa.