KARYA DOSEN Fakultas Ekonomi UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Mengisi Pendidikan Karakter bagi Calon Guru

Dr. H. Sutrisno, M.M

Abstrak


Menyiapkan mahasiswa program kependidikan untuk menjadi calon guru yang berkarakter, pada dasarnya menyiapkan mahasiswa untuk memiliki 4 ( empat) kopetensi inti yang perlu dimiliki oleh guru. Pendiknas No. 6 Tahun 2006 Tentang Standar Kualifikasi akademik dan kompetensi guru telah merumuskan indicator – indicator kompetensi yang perlu dimiliki oelh guru. Struktur kurikulum pada program studi kependidikan telah mengelompokkan sejumlah matakuliah Keahlian Berkarya (MKB), Kelompok matakuliah ini pada dasarnya menyiapkan calon guru dalam pemilikan kompetensi pedagogik dan kopetensi professional. Kompetensi pedagogik diperoleh dengan mengambil sejumlah matakuliah yang terikat dengan kegiatan belajar mengajar. Kompetensi professional dengan mengambil sejumlah matakuliah program studi. Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial pada dasarnya juga mulai terbentuk pada proses pembelajaran yang didukung dengan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan. Kompetensi Pedagogik dan kompetensi professional juga terpuruk dalam kegiatan praktek pengalaman lapangan. Tanggung Jawab lembaga kependidikan dalam menumbuhkan guru yang berkarakter, guru yang memiliki keempat kompetensi dengan baik, antara lain dengan melakukan evaluasi tentang struktur kurikulum, proses perolehan pengalaman mengajar bagi mahasiswa, koordinasi dengan sekolah mitra yang digunakan sebagai Praktek Pengalaman Lapangan  

Keyword: Kompetensi guru, Laboratorium pembelajaran mikro, praktek pengalaman lapangan