SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL INTERACTIVE DEMONSTRATION (LEVELS OF INQUIRY) DISERTAI VIDEO TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SUHU DAN KALOR SISWA KELAS X MIA

Tiara Dini Santika Yuliana

Abstrak


ABSTRAK

 

Yuliana, Tiara D.S. 2017. Pengaruh Model Interactive Demonstration (Levels of Inquiry) disertai Video Terhadap Penguasaan Konsep Suhu dan Kalor Siswa Kelas X MIA.Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumarjono, M.Pd., (II) Dr. Wartono, M.Pd.

 

Kata Kunci: demonstrasi interaktif,video,penguasaan konsep, suhu dan kalor

 

                   Fisika merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam yang memerlukan pembelajaran untuk menemukan konsep. Sebagaimana telah dilaporkan dalam penelitian terdahulu, banyak siswa yang memiliki pemahaman yang salah terkait konsep suhu maupun kalor. Pengetahuan/konsep yang diperoleh siswa dapat lebih mudah dikuasainya dengan pembelajaran yang interaktif dan dapat membekali siswa menjadi seorang ilmuwan. Terdapat banyak cara demonstrasi yang efektif dapat meningkatkan pembelajaran dan mendukung proses inkuiri siswa. Video sebagai media pada suatu pembelajaran dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap penguasaan konsep siswa dengan pemodelan (Interactive Demonstration)disertai video.

                   Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experiment dengan desain Kemampuan Awal-posttest control group design. SoalKemampuan Awalsama denga soal posttestyang soalnya telah dilakukan uji coba terbatas.Skor Kemampuan Awal diperoleh dari nilai sebelum pembelajaran materi suhu dan kalor. Skor tersebut digunakan untuk mengetahui kesamaan rata-rata dua kelompok penelitian (menggunakan t-test). Skor posttestsiswa diperoleh dari tes materi suhu dan kalor setelah dilakukan pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA MAN 1 Malang yang terdiri atas 2 kelas, kelas kontrol dan kelas eksperimen.Instrumen perlakuan yaitu RPP dan LKPD. Instrumen pengambilan data yaitu 18 soal pilihan ganda untuk penguasaan konsep.

                   Uji hipotesis menggunakan Anava A (Anava satu jalur) dan uji Tukey dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan uji hipotesis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep siswa yang belajar denganmodel interactive demonstrationdisertai video lebih tinggidaripada siswa yang belajar denganmodel interactive demonstrationtanpa disertai video, sehingga model interactive demonstrationdisertai video dapat memberikan pengaruh penguasaan konsepsiswa.