SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Feedback Formatif Berbasis Android dengan Memanfaatkan Butir Soal Pilihan Ganda Isomorfik pada Materi Gerak Harmonis Sederhana untuk Siswa SMA

Maslakhatun Khafidzoh

Abstrak


ABSTRAK

 

Khafidzoh, Maslakhatun. 2017. Pengembangan Feedback Formatif Berbasis Android dengan Memanfaatkan Butir Soal Pilihan Ganda Isomorfik pada Materi Gerak Harmonis Sederhana untuk Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sujito, S.Pd, M.Si., (II) Dr. Sentot Kusairi, S.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: feedback formatif, android, butir soal pilihan ganda isomorfik, gerak harmonis sederhana.

 

Fisika memiliki karakteristik abstrak dan kompleks, sehingga banyak siswa mengalami kesulitan. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa beberapa siswa yang belum tuntas dalam menyelesaikan soal, sehingga perlu diberikan feedback secara mandiri. Feedback memiliki karakteristik spesifik, efisien, dan timely yang ketiga karakteristik belum dilakukan oleh guru, dikarenakan waktu yang terbatas. Salah satu solusi adalah feedback otomatis, namun sejauh ini belum tersedia perangkat yang memberikan feedback otomatis. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan feedback formatif berbasis android dengan memanfaatkan butir soal pilihan ganda isomorfik pada materi gerak harmonis sederhana untuk siswa SMA dan mengetahui tingkat kelayakan feedback formatif yang telah dikembangkan.

          Metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang digunakan adalah metode ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Pada tahap analysis, kegiatan yang dilakukan adalah studi pendahuluan, baik studi pustaka maupun lapangan. Pada tahap design, kegiatan yang dilakukan adalah mendesain feedback dan membuat storyboard. Pada tahap development melibatkan dosen, guru dan siswa untuk menghasilkan data kuantitatif dan kualitatif. Dosen sebagai ahli materi dan media, guru sebagai ahli media, dan siswa sebagai sasaran pengguna produk. Data kuantitatif diperoleh dari hasil angket, sedangkan data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran. Pada tahap implementation dilakukan di salah satu kelas di SMAN 1 Gondanglegi yang berjumlah 27 siswa yang terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Pada tahap evaluation kegiatan yang dilakukan adalah revisi produk untuk menghasilkan produk yang lebih sempurna.

Penelitian ini berhasil mengembangkan feedback fomatif berbasis android dengan memanfaatkan butir soal pilihan ganda isomorfik pada materi gerak harmonis sederhana yang dikembangkan sesuai dengan KD 3.11 pada kelas X. Hasil pengembangan dinyatakan layak oleh validator, baik kelayakan butir soal maupun produk. Tingkat kelalayakan butir soal sebesar 4,00 dan tingkat kelayakan produk sebesar 3,50. Berdasarkan analisis data uji coba soal, dari 45 soal yang diujicobakan, 28 soal dinyatakan valid, sehingga soal yang dimasukkan pada produk tidak semuanya valid. Sementara reliabilitas soal r11 bernilai 0,80. Berdasarkan hasil uji coba produk terbatas, produk ini memiliki tingkat keterbacaan 3,36. Produk ini dapat memberikan feedback secara otomatis yang dapat membantu siswa dalam belajar mandiri, sehingga siswa dapat menyelesaikan soal pada materi gerak harmonis sederhana.