SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ELABORASI SPIN ELEKTRON DARI HAMILTONIAN RELATIVISTIK PERSAMAAN DIRAC DENGAN MENGGUNAKAN GAMBARAN HEISENBERG

zainal heru mustofa

Abstrak


ABSTRAK

 

Dalam kajian gerak partikel kuantum nonrelativistik mekanisme Gambaran Heisenberg merupakan persamaan gerak yang efektif untuk meninjau kebergantungan operator terhadap waktu.  Sehingga dengan menerapkan kaidah komutasi maka akan didapatkan secara tepat dan akurat konstanta gerak sistem.

Dalam perkembanganya,  mekanika kuantum relativistik ternyata mampu menunjukkan kesesuaiannya dengan teori pendahulunya yakni persamaan gerak  Heisenberg dalam mengungkap gerak partikel. Hal ini dapat dibuktikan ketika kedua gambaran tersebut diaplikasikan terhadap sifat intrinsik elektron yaitu nilai spin elektron tanpa harus mengikatnya pada sebuah potensial.

Pada skripsi ini akan dibuktikan nilai spin elektron yang didapat dengan dari persamaan Dirac untuk partikel bebas, akan sesuai dengan hasil yang didapat ketika menggambarkan gerak elektron menggunakan persamaan gerak Heisenberg.

Dengan menggunakan aljabar komutasi dan antikomutasi persamaan gerak Heisenberg dan meninjau terlebih dahulu relasi komutasinya dengan Hamiltonian Dirac, selanjutnya dengan meninjau relasi komutasi operator momentum sudut total maka pada ahirnya akan didapatkan ekspresi operator spin elektron.

 

 

Kata kunci : sifat intrinsik elektron, gambaran Heisenberg, kuantum relativistic, kumotator, persamaan Dirac