SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Asesmen Formatif Berbasis Web terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas XI MIA SMA Laboratorium UM pada Pokok Pembahasan Hukum Boyle-Gay Lussac

Muhamad Atho Athoillah

Abstrak


ABSTRAK

Athoillah, Muhamad. 2017. Pengaruh Model Asesmen Formatif Berbasis Web terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas XI MIA SMA Laboratorium UM pada Pokok Pembahasan Hukum Boyle-Gay Lussac. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sujito, S.Pd. M.Pd, (II) Sentot Kusairi, Dr. S.Pd, M.Si.

Kata Kunci: asesmen formatif, penguasaan konsep.

Hasil belajar yang baik dapat diwujudkan dengan menerapkan sistem pembelajaran yang baik. Salah satu sistem pembelajaran adalah asesmen. Dalam Permendikbud No. 23 tahun 2016 dijelaskan penilaian atau asesmen merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur hasil pencapaian belajar siswa. Salah satu asesmen adalah Asesmen formatif, yang merupakan asesmen yang sekaligus memberikan feedback kepada siswa dalam setiap pembelajaran. Kenyataannya asesmen formatif ini masih banyak dilakukan secara konvensional sehingga feedback yang diberikan tidak dapat cepat diterima siswa maupun guru. Akibat lambatnya feedback ini permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran tidak segera ditangani dan berdampak pada hasil belajar yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan asesmen formatif berbasis web dengan asesmen konvensional dalam setiap pembelajaran.

Penelitian ini dilakukan di SMA Laboratorium UM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental) dengan pretest post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI MIA SMA Laboratorium UM. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas XI MIA 1 menjadi kelas eksperimen yang mendapat model asesmen formatif berbasis web dalam setiap pembelajarannya dan kelas XI MIA 3 menjadi kelas kontrol yang mendapat asesmen seperti biasanya. Data penelitian ini diperoleh dari hasil instrument pengukuran berupa soal pretest dan postest yang kemudian dianalisis secara kualitatif dan diskriptif.

Analisis data penelitian menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar antara penerapan asesmen formatif berbasis web dengan asesmen secara konvensional. Hasil dari uji t nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan bantuan SPSS menunjukan tingkat signifikansi perbandingan data di bawah taraf signifikan 0,05 yaitu 0,044 < 0,05. Rata-rata hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut yaitu 80,72 dan 73,66. Dilihat dari rata-rata nilai post-test kelas eksperimen memiliki nilai lebih tinggi. Dapat dikatakan penerapan asesmen berbasis web dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa lebih optimal.