SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Berbasis Eksperimen terhadap Prestasi Belajar Fisika dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA di MAMaarif Sukorejo pada Materi Fluida

Nunik Amalia Fakhriani

Abstrak


ABSTRAK

 

Fakhriani, Nunik Amalia. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Berbasis Eksperimen terhadap Prestasi Belajar Fisika dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA di MAMaarif Sukorejo pada Materi Fluida, Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Kadim Masjkur, M.Pd. (II) Dr.Wartono, M.Pd.

 

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipeStudent Team Achievement Divisions (STAD) berbasis eksperimen, prestasi belajar fisika, keterampilan proses sains.

 

Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) berbasis eksperimen terhadap keterampilan proses sains siswa 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) berbasis eksperimen terhadap prestasi belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain Pre Test-Post Test Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t pada data prestasi belajar fisika menghasilkant hitung = 4,432692 > 1.69389 (t tabel), sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar fisika kelompok peserta didik yang belajar dengan model Student Team Achievement Division (STAD) berbasis eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar kelompok peserta didik yang belajar dengan model konvensional. Pada uji t data keterampilan proses sains dihasilkan t hitung = 6,50812 > 1.69389 (t tabel), sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains kelompok peserta didik yang belajar dengan model Student Team Achievement Division (STAD) berbasis eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan proses sains kelompok peserta didik yang belajar dengan model konvensional.