SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Lama Perendaman Dye Terhadap Struktur, Absorbansi, dan Efisiensi DSSC Pada Film Komposit TiO2-Dye/ITO Berbasis Ekstraksi Daun Angsana Sebagai Natural Dye

dina maftuha

Abstrak


ABSTRAK

 

Maftuha, Dina. 2017. Pengaruh Lama Perendaman Dye Terhadap Struktur, Absorbansi, dan Efisiensi DSSC Pada Film Komposit TiO2-Dye/ITO Berbasis Ekstraksi Daun Angsana Sebagai Natural Dye, Skripsi, Jurusan Fisika, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. Markus Diantoro, M.Si., (2) Nandang Mufti, S.Si, M.T, Ph.D.

 

Kata Kunci: Ekstraksi Daun Angsana, Film Komposit TiO2-Dye/ITO, Absorbansi dan Efisiensi.

Fitur menarik yang ditemukan di alam adalah penumpukan membran thylakoid (mengandung klorofil) untuk meningkatkan penyerapan cahaya. Penumpukan membran semacam itu memiliki kemiripan dengan struktur dari jaringan mesopori di DSSC. Hal ini membuat pigmen klorofil menjadi menarik untuk digunakan sebagai sensitizer pada sel surya. Dalam penelitian ini digunakan TiO2 sebagai elektroda kerja karena merupakan bahan semikonduktor yang memiliki stabilitas termal tinggi, mudah dalam fabrikasinya, non-toksik, biaya fabrikasi rendah, dan memiliki sifat optik yang baik. Hal ini membuat TiO2 secara luas di manfaatkan untuk aplikasi photovoltaic. Telah dilakukan fabrikasi dan karakterisasi DSSC berbasis dye hasil ekstraksi daun angsana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi lama perendaman dye yaitu 12 jam, 15 jam dan 18 jam terhadap struktur, absorbansi, dan efisiensi DSSC pada komposit TiO2-Dye/ITO.

Pada penelitian ini, hasil ekstraksi klorofil dari daun angsana digunakan untuk merendam filmTiO2/ITO dengan variasi lama perendaman dye. Metode untuk deposisi film TiO2 dengan slip casting dan setelah itu dilakukan pemanasan pada suhu 500O C selama 1 jam.  Elektroda lawan yang telah dilapisi bahan karbon diletakkan pada bidang datar menghadap keatas dan meneteskan elektrolit diatasnya. Keduanya disatukan dan direkatkan menggunakan keyboard protector.

 

Hasil karakterisasi SEM menunjukkan bahwa semakin lama perendaman dye permukaan TiO2 menjadi luruh akibat tertutupi larutan dye. Hasil karakterisasi UV-Vis menunjukkan waktu perendaman dye 15 jam menghasilkan absorbansi yang optimum. Hasil karakterisasiI-V yang tertinggi yaitu pada saat waktu perendaman 12 jam dan intenistas cahaya lampu yang digunakan 150 mW/cm2  dengan nilai Jsc sebesar 0.370817 mA/cm2, Voc sebesar 0.400197 Volt dan Efisiensi sebesar 0.035084%.