SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Percepatan Tanah Maksimum Berdasarkan DataMikrotremor di Sumbermanjing Wetan Menggunakan Metode Kanai

Ely Fitriani

Abstrak


ABSTRAK

 

Gempa bumi merupakan bencana alam yang hingga saat ini belum dapatdiprediksi secara tepat kapan terjadi. Bahaya gempa bumi tidak dapat dihindarinamun dampaknya dapat dikurangi melalui kegiatan karakteristik tanah di daerahyang akan di ukur. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahuikarakteristik tanah berdasarkan sebaran nilai periode dominan, Percepatan TanahMaksimum (PGA), dan Indeks Kerentanan Seismik (IKS). Penelitian ini jugabertujuan untuk memperkirakan tingkat resiko dan tingkat kerentanan tanahterhadap bencana gempa bumi yang bermanfaat untuk perencanaan,

Penelitian mikrotremor telah dilakukan di Kecamatan SumbermanjingWetan Kabupaten Malang sebanyak 15 titik pengukuran. Alat yang digunakanDigital Seismograph Portable tipe TDS-303. Data hasil pengukuran kemudiandiolah menggunakan software Geopsy untuk mendapatkan nilai frekuensi dominandan faktor amplifikasi di setiap titik pengukuran. Perhitungan nilai PGAmenggunakan metode Kanai dengan event data gempa bumi Sumbermanjing Wetan8 Juli 2013 dengan magnitudo 5,9 SR pada kedalaman 10 km.

 

Nilai PGA yang dihasilkan antara 83,70 gal – 234,15 gal dan sebaran nilaiIKS yang dihasilkan yaitu 0,315 s2/cm – 34,645 s2/cm. Nilai PGA terbesar yangberarti memiliki tingkat resiko kerusakan paling besar berada pada Dusun SidodadiDesa Ringinsari. Nilai IKS yang tertinggi yang berarti memiliki tingkat kerentananpaling besar yaitu berada pada Dusun Krajan Desa Ringinsari. Nilai indikatortingkat resiko dan tingkat kerentanan terhadap dampak gempa sangat dipengaruhioleh kondisi geologi dan kondisi bangunan setempat sehingga tidak cukup denganmengukur satu parameter saja..