SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Jumlah Siklus Freezing - Thawing dan Konsentrasi Filler Fe 3 O 4 terhadap Sifat Elastisitas Dan Sifat Magnetik Ferogel Fe 3 O 4 / Carboxy Methyl Cellulose (CMC)/ Polyvinyl Alcohol (PVA)

Mimin Nurul Kholifah

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurul, Mimin. 2017. Pengaruh Jumlah Siklus Freezing-Thawing dan KonsentrasiFiller Fe3O4 terhadap Sifat Elastisitas Dan Sifat Magnetik FerogelFe3O4/Carboxy Methyl Cellulose (CMC)/Polyvinyl Alcohol (PVA).Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sunaryono, S.Pd., M.Si,(II) Drs. Yudyanto, M.Si.

 

Kata Kunci: Ferogel, Fe3O4, Hidrogel CMC, Magneto Elastisitas

Ferogel merupakan partikel nano magnetik yang dibuat dari campuranFe3O4sebagaifillerdanhidrogel CMC/PVA sebagaimatrik. Ferogel telah banyakdigunakan dalam bidang biomedis seperti, otot buatan, pengantar obat(drugdelivery). Matrik yang biasanyadigunakan untuk pembuatan ferogel adalahhidrogel PVA, akan tetapi kali ini akan digunakan hidrogelCarboxy MethylCellulose(CMC) +Polyvinyl Alcohol(PVA).Pembuatan ferogel inidenganmenggunakanvariasi pada jumlah siklusfreezing thawingdan konsentrasifillerFe3O4.Sampel dengan variasi jumlahsiklusfreezing-thawingdigunakan sebagai pengujian sifat magnetik ferogel,sedangkan pada sampel dengan konsentrasifillerFe3O4digunakan sebagai sampeluji elastisitas ferogel.Partikel nano Fe3O4dan ferogel Fe3O4/CMC/PVAdikarakterisasi menggunakanX-ray Diffractometer(XRD)yaitu untukmengetahui fase struktur, ukurankristal dan parameter kisi sampel,TransmissionElectron Microscopy(TEM)untukmendapatkan informasi morfologi dan ukuranpartikel sampel,X-ray Flourescence(XRF)untukmengetahui komposisi unsurdalam partikel nano,Vibrating Sample Magnetometer(VSM)untuk mengetahuisifat magnetik sampel,Fourier Transformation Infra-red(FTIR)untukmengamati interaksi molekul dengan menggunakan radiasi elektromagnetikdanset alat ujielastisitasyang terdiri dari medan magnet permanen 400 mTuntukmengetahui simpangan dan tingkat pemuluran sifat magnetik sampel.Berdasarkan analisis uji XRD secara kuantitatif menggunakansoftwareRieticadengan ICSD nomor9013529didapat ukuran partikel╠┤9,67 nmyanghampir sesuai dengan hasil analisa dengan TEM yaitu 8,40 nm. Secara teori, sifatkemagnetan akan semakin menurun jika ukuran partikel semakin kecil.

Berdasarkan uji FTIR, terdapat tiga komponen utama penyusun ferogelFe3O4/CMC/PVA yaitu munculnya pita vibrasi dari Fe3O4, CMC dan PVA.Padauji elastisistas diperoleh data, semakin meningkatnyakonsentrasifillerFe3O4maka menunjukkan nilai batas ambang medan magnet semakin mengecil.Selanjutnya pada uji VSM, diperoleh nilai magnetisasi yang mendekati rata-rataadalah nol. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa ferogel Fe3O4/CMC/PVAmemiliki sifat superparamagnetik. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitianselanjutnya terhadap aplikasi ferogel untukmeningkatkan nilai guna yang lebihbermanfaat ke depannya.