SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Aplikasi Metode Geolistrik Konfigurasi Schlumberger untuk Mengidentifikasi Akuifer Bawah Permukaan (Studi Kasus di Desa Sumbermanjing Wetan Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang)

Nur Kholis

Abstrak


ABSTRAK

 

Kholis, Nur. 2017.Aplikasi Metode Geolistrik Konfigurasi Schlumberger untukMengidentifikasi Akuifer Bawah Permukaan (Studi Kasus di DesaSumbermanjing Wetan Kecamatan Sumbermanjing Wetan KabupatenMalang). Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu PengetahuanAlam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Daeng Achmad Suidi,S.Si,M.Kom, (11) Sujito, S.Pd, M,Si .

 

Kata Kunci: Akuifer, Geolistrik, konfigurasi Sclumberger, Software IPI2Win,Rockwork

Desa Sumbermanjing wetan merupakan daerahrawan kekurangan airbersih.Airsangatlah pentinguntuk kelangsungan hidup manusia.Salah satumetode untuk mendapatkan sumber air bersih yaitu menggunakanmetodegeolistriktahanan jenis (resistivitas) dengan menggunakan metode geolistrikkonfigurasiSchlumberger.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasilapisan akuifer di Desa Sumbermanjing Wetan Kecamatan SumbermanjingWetan Kabupaten Malang.

Tahap awal penelitian ini adalahpengumpulan datadenganmengumpulkan berbagai informasi secara langsung maupun tidak langsungmelalui wawancara dan studi pustaka, akuisi data dilakukan secarasoundingpada14titiksoundingdi 4 lintasandan interpretasi data menggunakansoftware IPI2Windansoftware Rockwork.

Berdasarkanhasil interpretasi menggunakanIPI2Winyangdimungkinkanlapisan batuan di dalamnya terdapat airpada lintasan pertamaberada di titiksounding1.3 yang memiliki nilai resistivitas 0,16dankedalamankurang lebih 5,01 meter. Lintasan kedua berada dititik sounding2.1yang memilikinilai resistivitas 0,137dan dengan kedalamankurang lebih8,05 meter. Lintasan ketiga berada di titiksounding3.1 yang memiliki nilairesistivitas 7,65dan dengan kedalamankurang lebih 13,2 meter. Lintasankeempat berada di titiksounding4.4 yang memiliki nilai resistivitas 19,9dan dengan kedalaman kurang lebih 31,6 meter. Pendugaan pemodelan 3dimensi arah aliran akuifer mengalir dari barat ketimur.Hasil analisisdapatdisimpulkan bahwa lapisan akuifer yang diteliti merupakanakuifer melayang,dimana air tanah atau akuifer bawah permukaan yang terbentuk diatas lapisankedap air.