SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran dengan Pemodelan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Topik Fluida Dinamis

Maghfirotul Ilmiah

Abstrak


ABSTRAK

 

Ilmiah, Maghfirotul. 2017. Pembelajaran dengan Pemodelan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA pada Topik Fluida Dinamis. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sutopo, M.Si, (II) Drs. Asim, M.Pd.

 

Kata Kunci: pemahaman konsep, pembelajaran dengan pemodelan, fluidadinamis.

Salah satu tujuan penting pembelajaran fisika adalah mengantarkan siswa memahami secara mendalam konsep-konsep dasar dalam fisika. Kehadiran fenomena selama pembelajaran fisika bertujuan agar siswa lebih memahami konsep-konsep yang ada di fisika. Berdasarkan hasil ujian nasional 2015 daya serap siswa pada pelajaran fisika materi fluida sebesar 66.75%. Hasil tersebut relatif tidak tinggi. Selain itu berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru fisika di SMAN 3 Tuban diperoleh hasil bahwa pemahaman konsep fisika siswa pada materi fluida dinamis cukup rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan pemodelan terhadap pemahaman konsep siswa dan mengetahui kesulitan siswa tentang fluida dinamis. Ada dua subtopik yang dibahas pada penelitian ini, yaitu prinsip kontinuitas dan prinsip Bernoulli beserta penerapannya pada kehidupan.

Metode penelitian yang digunakan adalah gabungan kuantitatfi dan kualitatif yaitu mixed methods jenis embedded design . Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi, catatan peneliti dan wawancara. Analisis statistik data kuantitatif dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terhadap konsep siswa, dan analisis data kualitatif dilakukan untuk mengetahui aktivitas siswa saat pembelajaran serta mengetahui perubahan konsep yang dimiliki siswa sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 dan MIPA 3, SMA Negeri 3 Tuban yang terdiri atas 27 laki-laki dan 40 perempuan.

Berdasarkan hasil analisis, pembelajaran dengan pemodelan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang fluida dinamis dengan d-effect size 3,93 termasuk dalam kategori “tinggi” dan rata-rata gain ternormalisasi (N-gain) 0,574 yang termasuk dalam kategori medium atas. Selain itu, pembelajaran dengan pemodelan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa juga dapat dilihat dari catatan peneliti dan hasil observasi selama pembelajaran di kelas. Hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa dapat memahamai materi yang disampaikan dengan cara berdiskusi menemukan model matematis dan menjawab pertanyaan yang diberikan. Pembelajaran ini memberikan manfaat pada semua siswa, hal ini dapat ditunjukkan dengan semua siswa meraih N-gain positif tetapi kelompok siswa yang nilai pretestnya rendah mendapatkan manfaat yang lebih besar dibandingkan siswa yang nilai pretestnya tinggi, hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi antara pretest dan N-gain sebesar -0.496 (berkorelasi negatif). setelah dilakukannya pembelajaran dengan pemodelan.