SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Asesmen Formatif Berbasis Web Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI Materi Persamaan Keadaan Gas

Eina Danau Wati

Abstrak


ABSTRAK

 

Wati, Elina D. 2017. Pengaruh Asesmen Formatif Berbasis Web terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI Materi Persamaan Keadaan Gas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Sujito S.Pd., M.Si, (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si

 

Kata Kunci Asesmen Formatif, Feedback, prestasi belajar Fisika

Asesmen formatif merupakan proses penilaian di kelas yang melibatkan siswa dan guru secara langsung. Asesmen Formatif bertujuan untuk mendapatkan umpan balik atau feedback yang dapat digunakan untuk memantau perkembangan belajar siswa. Pemanfaatan teknologi untuk  dunia pendidikan merupakan hal yang harus dilakukan. Pemanfaatan teknologi yang dikombinasikan dengan assesmen formatif akan membangkitkan rasa ingin belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar fisika siswa kelas XI yang menggunakan asesmen formatif berbasis web lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan asesmen formatif secara konvensional. Penelitian ini merupakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Pelaksanaan penelitian ini menggunakan Post-test Only Control Group Design. Kemampuan awal siswa diperoleh dari nilai ulangan harian materi sebelumnya yaitu materi fluida dinamis. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Gondanglegi, kemudian diambil sampel penelitian berdasarkan purposive sampling. Kelas yang dipilih yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIA 3 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda. Analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji-t melalui uji prasyarat analisis terlebih dahulu yaitu uji normalitas, uji    homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata  kemampuan awal siswa.

Berdasarkan hasil uji normalitas kelas eksperimen L0 = 0.112 < Ltabel = 0.173 Ltabel dan kelas kontrol L0 = 0.155 < Ltabel = 0.173 menunjukkan bahwa data terdistribusi normal, uji homogenitas memperoleh Fhitung1.403 < Ftabel(47;0.05)  = 2.005 menghasilkan data yang homogen, dan uji kesamaan rata-rata kemampuan awal siswa menunjukkan bahwa kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3 memiliki kemampuan awal yang sama. Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t satu pihak, menunjukkan  thitung = 2.605 > ttabel = 2.012. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar fisika siswa kelas XI yang menggunakan asesmen formatif berbasis web lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan asesmen formatif konvensional.