SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Konflik Kognitif Dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMAN 4 Malang Pada Materi Suhu dan Kalor

puspita wulandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulandari, Puspita. 2016. Pengaruh Strategi Konflik Kognitif Dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMAN 4 Malang Pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi. Jurusan Fisika. FMIPA. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Suyudi, M.Pd (II) Drs. Asim, M.Pd

 

Kata Kunci : Strategi Konflik Kognitif, Pemahaman Konsep, Suhu dan Kalor

Pemahaman konsep merupakan kemampuan berpikir dalam ranah kognitif yang menunjukkan hubungan sederhana antara fakta, konsep dan konsepsi secara ilmiah. Walaupun pemahaman konsep bukanlah sesuatu yang mudah, tetapi harus tumbuh secara bertahap dan semakin dalam. Kesalahan konsepsi merupakan keadaan dimana pemikiran siswa mengenai suatu konsep berbeda dengan konsep ilmiah. Hal ini jika berkelanjutan dapat menyulitkan siswa untuk belajar konsep-konsep fisika lain yang berkaitan. Strategi konflik kognitif merupakan salah satu alternatif pembelajaran dimana siswa akan dihadapkan dengan fenomena yang dapat merangsang siswa menemukan konsep yang benar dengan bantuan pemberian video, gambar, demonstrasi, percobaan, dan tanya jawab yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi konflik kognitif dalam model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep siswa tentang kalor dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dan dirancang menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X pola 6 semester  SMAN 4 Malang. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Purposive Random Sampling. Data pemahaman konsep melalui tes pemahaman konsep dalam bentuk pilihan ganda yang disertai alasan dan dianalisis menggunakan uji-t untuk uji hipotesis.

Hasil penelitian ini setelah dilakukan uji hipotesis menyatakan bahwa thitung = 2.191> 1.668 (ttabel 66; .05). Terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa kelas X SMAN 4 Malang dengan pembelajaran menggunakan strategi konflik kognitif dibandingkan pemahaman konsep siswa kelas konvensional.Nilai rata-rata tes pemahaman konsep . Pemahaman konsep siswa kelas X dengan pembelajaran menggunakan strategi konflik kognitif lebih baik dibandingkan dengan pemahaman konsep siswa kelas konvensional.