SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Formative Feedback Berbasis Web Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMAN 1 Lawang Tentang Gravitasi Newton

Wahyu Eka Fath Dieni

Abstrak


ABSTRAK

 

Dieni, Wahyu E.F. 2017. Pengaruh Formative Feedback Berbasis Web Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMAN 1 Lawang Tentang Gravitasi Newton. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sujito, S.Pd. M.Pd, (II) Sugiyanto, S.Pd. M.Si.

 

Kata kunci: formative feedback, pemahaman konsep.

Feedback merupakan bagian yang penting dalam kegiatan asesmen. Selama ini, feedback dalam kegiatan asesmen hanya berupa nilai untuk merangking siswa, bukan untuk mengubah pola belajar siswa. Sehingga siswa banyak yang kurang dalam pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh formative feedback berbasis web terhadap pemahaman konsep siswa SMA kelas X SMAN 1 Lawang tentang gravitasi newton.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian expost facto, yaitu jenis penelitian yang tidak memberikan perlakuan apapun terhadap subjek penelitiannya. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Lawang, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1, X MIA 2, X MIA 3 dan X MIA 4. Setiap kelas terdiri dari 36 siswa, sehingga jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 144 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pemahaman konsep yang berupa tes pilihan ganda. Instrumen pemahaman konsep merupakan instrumen utama. Data penelitian ini adalah perbedaan pemahaman konsep siswa antar kelompok. Kelompok – kelompok siswa ini terbentuk dengan berdasar pada banyaknya feedback yang diterima siswa.

Hasil dari penelitian ini adalah perbedaan pemahaman konsep siswa. Siswa yang mendapat formative feedback berbasis web secara lengkap memiliki pemahaman konsep yang lebih tinggi daripada siswa yang hanya mendapat feedback berbasis web satu kali dan yang tidak mendapat feedback berbasis web sama sekali. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan nilai rata – rata hasil posttest, nilai rata-rata siswa yang mendapat formative feedback secara lengkap lebih tinggi daripada nilai rata-rata siswa yang hanya mendapat satu feedback berbasis web dan tidak mendapat feedback berbasis web sama sekali. Dari hasil uji anava satu jalur, nilai F0 sebesar 45,04 dengan taraf signifikasi 0,05 dan nilai Ftabel sebesar 3,08. Nilai F0 didapat dari perhitungan menggunakan rumus anava satu jalur, sedangkan nilai Ftabel didapat dari tabel uji anava satu jalur dengan taraf signifikasi 0,05. Dari perhitungan, didapat nilai F0 > Ftabel  maka harga F0 yang diperoleh sangat signifikan yang berarti ada pengaruh formative feedback antara ketiga kelompok.