SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PARTIKEL NANO TiO2 TERHADAP DIELEKTRISITAS DAN BIOAKTIVITAS FIBER PVA/PEG/TiO2

titik istirohah

Abstrak


ABSTRAK

 

Titik, Istirohah. 2017. Pengaruh Partikel Nano TiO2 terhadap Dielektrisitas Dan Bioaktivitas Fiber PVA/PEG/TiO2. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(1) Dr. Markus Diantoro M.Si, (2) Drs. Abdulloh Fuad M.Si.

 

Kata kunci: TiO2, Partikel Nano, Fiber, Dielektrisitas, Bioaktivitas.

Partikel nano TiO2 merupakan material yang banyak diaplikasikan dalam dunia industri hingga kesehatan. Material ini memiliki konstanta dielektrik yang tinggi sehingga memungkinkan untuk diaplikasikan sebagai sensor tubuh berbasis kapasitif. Partikel nano TiO2 dalam bentuk fiber memiliki luas permukaan aktif yang lebih besar dibanding bentuk film. Bentuk fiber TiO2 dapat diperoleh dengan metode elektrospinning. Fiber TiO2 disintesis dengan polimer PVA sebagai matrik dan partikel nano sebagai filler dalam fiber. Namun, partikel nano TiO2 memiliki kekurangan yaitu kelarutan dalam medium cair yang rendah. Kekurangan ini dapat diatasi dengan mengkombinasikan partikel nano TiO2 dengan polimer PEG sebagai surfaktan. Fungsi dari surfaktan ini adalah menurunkan tingkat aglomerasi sehingga kelarutan partikel nano dalam medium cair dapat meningkat. Kelarutan partikel nano TiO2 yang tinggi dapat meningkatkan konstanta dielektrik bahan.

Sintesis fiber PVA/PEG/TiO2 dilakukan dengan variasi massa nano TiO2 sebesar 1,5%, 2%, 2,5%, 3%, dan 4,5% dari massa total larutan. Kemudian dilakukan proses elektrospinning dengan tegangan 20 kV,  dan flowrate 100 selama  3 menit. Substrat yang digunakan dalam sintesis fiber adalah glas ITO. Hasil spektrum FTIR menunjukkan keberhasilan sintesis fiber PVA/PEG/TiO2. Hal ini ditunjukkan dengan munculnya karakterisik ikatan PVA, PEG, dan TiO2 yang sesuai dengan referensi. Spektrum XRD menunjukkan adanya puncak utama TiO2 dan puncak difraksi dari PVA. Citra SEM menunjukkan ukuran rata-rata fiber PVA/PEG/TiO2¬ sebesar 268.2695 nm. Dielektrisitas fiber PVA/PEG/TiO2 semakin meningkat dengan bertambahnya persen massa partikel nano TiO2. Uji toksisitas fiber PVA/PEG/TiO2 menunjukkan hasil bahwa sampel bersifat non-toksik, sedangkan hasil uji anti bakteri menunjukkan bahwa sampel tidak memiliki sifat anti bakteri terhadap bakteri S. aureus.