SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Asesmen Formatif Berbasis Komputer Menggunakan Modifikasi Permainan Ular Tangga pada Materi Fluida Statis

Mohammad Habib Alasy Ariy

Abstrak


ABSTRAK

 

Ariy, M. H. Alasy. 2017. Pengembangan Asesmen Formatif Berbasis Komputer Menggunakan Modifikasi Permainan Ular Tangga pada Materi Fluida Statis. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Sentot Kusairi, M. Si, (II) Dra. Eny Latifah, M. Si,

 

Kata Kunci: Asesmen formatif berbasis komputer, ular tangga

Asesmen formatif merupakan asesmen yang dilakukan dengan tujuan mengukur hasil belajar siswa secara berkelanjutan. Dalam implementasinya, guru masih kurang efektif dalam melaksanakan asesmen formatif seperti memberikan balikan tidak tepat waktu dan hanya menggunakan soal-soal pada LKS. Hal tersebut menyebabkan balikan tidak lagi bermakna dan asesmen membuat tegang siswa. Asesmen formatif berbasis komputer mampu memberikan balikan yang cepat dan bermakna. Di samping itu, penggunaan permainan ular tangga mampu memberikan motivasi siswa dan membuat kondisi asesmen menjadi menyenangkan.

Penelitian dan pengembangan ini disusun dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Tahapan model peneltian tersebut yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Jenis data yang diambil adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif yang diambil adalah hasil validasi butir soal pilihan ganda, hasil uji validitas dan uji reliabilitas, hasil validasi produk dan hasil uji coba terbatas. Selain itu, data kualitatif yang diambil adalah komentar dan saran validator dan siswa. Penelitian ini dibagi menjadi dua pengembangan, yaitu pengembangan butir soal pilihan ganda dan pengembangan produk. Penelitian ini diuji coba pada 20 siswa kelas XI MAN 3 Kediri pada semester genap tahun ajaran 2016/2017.

Berdasarkan hasil analisis data, asesmen formatif berbasis komputer ini telah dinyatakan layak oleh ahli validasi. Kelayakan tersebut meliputi kelayakan butir soal pilihan ganda dan produk asesmen formatif berbasis komputer secara keseluruhan. Berdasarkan analisis data, 44 soal dari 49 soal pilihan ganda dinyatakan valid dengan nilai rxy lebih dari rtabel. Soal tersebut juga dinyatakan reliabel dengan nilai r11 bernilai 0,95. Dari soal-soal tersebut, diambil 36 soal untuk digunakan untuk produk asesmen formatif berbasis komputer. Berdasarkan hasil validasi, produk memiliki tingkat kelayakan yang baik dengan nilai 3.93. Berdasarkan hasil uji coba terbatas, siswa sangat berminat menggunakan produk ini.  Produk ini sangat direkomendasikan kepada guru untuk digunakan sebagai alternatif asesmen berbasis komputer.