SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBANTUAN MACROMEDIASWISHMAX 4 BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HUKUM NEWTONKURIKULUM 2013 REVISI

lanang dwi viananda

Abstrak


Pendekatansaintifikmerupakansuatubentukpengorganisasianpengalamanbelajar yang meliputikomponenmengamati, menanya, mengumpulkaninformasi, menalar, danmengomunikasikan. Penguatanpembelajaranaktifdenganpendekatansaintifikdiperlukan agar siswamemilikikemampuanberpikirlogis, kritis, dananalitis. Dayaserapsiswapadaindikator yang berkaitandenganHukum Newton di Kota Malangmasihrendah.Hasilpengamatanwawancarakepada guru SMA,materiHukum Newton memerlukan multimediadalampembelajaran.Hal inidisebabkanbanyakkonsep yangbersifatabstrak.Olehkarenaitudiperlukanmediapembelajaranyang dapatmemvisualisasikankonsep-konsepabstrakdidalampelaksanaanpembelajaran di dalamkelas.

            Penelitiandanpengembanganinimenggunakan modelpenelitian Borg dan Gall.Model pengembanganhanyamenggunakan 4 tahapdari 10 tahap yang ada,yaitu: studipendahuluan, survey lapangan,pengembanganpembuatan media,danpengujian. Jenis data yang diambilmerupakan data kuantitatifdankualitatif. Data kuantitatifmemperolehpenilaian validator ahlisedangkandata kualitatifmerupakankomentardan saran dari validator ahlidansiswa. Instrumen yang digunakandalampengumpulan data adalahangketvalidasimateridan media sertaangketresponsiswa. Pelaksanaanujicobaprodukterbatasdilakukan di SMAN 02 Batukelas X denganjumlah 63siswa.

Berdasarkanhasil data dananalisis data yang diperolehdarivalidator ahlireratapersentasekelayakanmaterisecarakeseluruhansebesar 83,32%, danreratapersentasekelayakanmedia secarakeseluruhansebesar81,22%.Kelebihanpenggunaanprodukdalam proses pembelajaranadalahtanpaterkoneksidengan internet danefisienwaktu. Sedangkankelemahannyaadalahpelaksanaanujicobaprodukpadapenelitianinimasihpadaujicobaterbatas. Diharapkanpadapenelitianselanjutnyadapatdiujicobalebihluas.