SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Materi Tekanan Hidrostatis dan Hukum Archimedes melalui Model Pembelajaran Discovery Siswa SMPK Citra Bangsa Kupang

maksem niksoni lete

Abstrak


Salah satu tujuan pembelajaran IPA di jenjang SMP adalah siswa memahami konsep tekanan hidrostatis dan hukum Archimedes serta penerapanya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, siswa diharapkan mampu mengembangkan keterampilan-keterampilan proses sains yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran discovery untuk meningkatkan penguasaan konsep tekanan hidrostatis dan hukum Archimedes serta keterampilan proses sains siswa.

Jenis  penelitian yang digunakan adalah Mixed Methods dengan embedded experimental design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA SMPK Citra Bangsa Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur tahun pelajaran 2016/ 2017. Instrumen pengambilan data dilakukan dengan menggunakan  lembar observasi keterampilan proses sain, lembaran penilaian kinerja dan soal test pemahaman konsep sebanyak 10 nomor. Analisis data pemahaman konsep menggunakan N-gainscore dan uji effect size. Analisis keterampilan proses sains menggunakan persentasi ketuntasan kelas.

Data analisis hasil pengukuran pemahaman konsep menunjukkan bahwa skor rata-rata postes (83,33) lebih besar daripada skor rata-rata pretes (46,66) maka dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep tekanan hidrostatis dan hukum Archimedes secara signifikan. Selain itu, perhitungan d-effect size menunjukkan nilai sebesar2,73 (dalam kategori sangat tinggi) dan N-gainscore sebesar 0,69 (dalam kategori sedang).Data analisis hasil pengukuran dari 7 indikator keterampilan proses sains siswa menunjukkan bahwa persentase rata-rata kelas tiap indikator KPS siswa diatas 95% berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran discovery yang diterapkan pada penelitian ini efektif dan memiliki dampak positif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang topik tekanan hidrostatis dan hukum Archimedes dan dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.