SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Interactive Demonstration Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Hukum Newton

Adella Anggraeni

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraeni, Adella. 2017. Pengaruh Model PembelajaranInteractive Demonstration terhadapPenguasaanKonsepSiswaKelas X padaMateriHukum Newton. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  (I) Drs. Agus Suyudi, M.Pd., (II) Drs. PurboSuwasono, M.Si.

 

Kata Kunci: Interactive Demonstration, PenguasaanKonsepHukum Newton

Model pembelajaran yang inovatif sangat diperlukan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa, terutama model pembelajaran Inquiry yang menekankan pembelajaran siswa aktif. Salah satu model pembelajaran inquiry adalahInteractive Demonstration.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran Interactive Demonstrationdan mengetahuipenguasaan konsep siswakelas X yang belajar menggunakan Interactive DemonstrationpadamateriHukum Newton.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuasi eksperimen dengan postest only control group design.Kelas yang digunakandalampenelitianadalahkelasX IPA C sebagaikelaseksperimendankelas X IPA E sebagaikelaskontroldenganjumlahsiswayaitu 37 orang tiapkelas, keduakelasakandiberiperlakuanberbedadimanapadakelaseksperimenakandilakukanpembelajarandengan model pembelajaranInteractive Demonstrationdanpadakelaskontrolakandilakukanpembelajarandengan model pembelajarankonvensional (model pembelajaran yang biasadilakukan guru di dalamkelas). Untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsepsiswa digunakan ujihipotesisyaituuji tindependen untuk mengetahui pengaruhnya. Pembelajaran  inkuiri  demonstrasi interaktif  dilakukan  melalui  5  tahapan,  yaitu  observation,  manipulation, generalization,verification,danapplication.

Hasil Posttest menunjukkannilai rata-rata kelaseksperimenyaitu 73,57 lebihtinggidaripadakelaskontrol 61,08. Hasilujihipotesispenguasaankonsepfisika di dapatthitung=  4,134>1,994 = ttabelmenunjukkanbahwapenguasaan konsepsiswa yang pembelajarannyamenggunakanmodel interactive demonstration lebih tinggi dibandingkan dengansiswa yang melakukanpembelajarandengan model pembelajarankonvensional.