SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Dengan Bantuan Numbered Heads Together (NHT)Terhadap Pretasi Belajar Fisika Siswa SMA

Ika Rizky Widayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Widayanti, Ika Rizky. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain                 (POE) Dengan Bantuan Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sulur, S.Pd, M.Si, M.T.D.,

(II) Drs. Asim,M.Pd

 

Kata kunci: Predict-Observe-Explain (POE), Numbered Heads Together (NHT), Prestasi Belajar Fisika

Karakteristik pembelajaran kurikulum 2013 menekankan untuk memperkuat pendekatan ilmiah berbasis penyingkapan/penelitian dan menekankan pada keseimbangan antara keterampilan fisikal dan keterampilan mental. Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan bantuan Numbered Heads Together (NHT) sesuai digunakan untuk menunjang peningkatan prestasi belajar fisika khususnya pada materi Hukum Newton.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar fisika siswa SMA yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan bantuan Numbered Heads Together (NHT) dibanding siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran yang biasa dilakukan di kelas. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan post-test only control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA F-16 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA D-16 sebagai kelas kontrol. Hasil prestasi belajar fisika siswa SMA diperoleh menggunakan tes pilihan ganda yang telah di validasi oleh ahli dan dianalisis menggunakan uji statistik uji-t.

Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan prestasi belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan bantuan Numbered Heads Together (NHT) dibanding kelompok siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran yang biasa digunakan di kelas. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji-t, karena thitung lebih besar dari ttabel (thitung  = 5,531 > ttabel(0,01:74)  = 2,644). Dengan demikian, model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dengan bantuan Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap prestasi belajar fisika siswa SMA.