SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X MIPA SMAN 6 Malang

Ade Alif Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Alif, Ade M.S. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X MIPA SMAN 6 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Kadim Masjkur Drs, M.Pd, (II) Sujito S.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: Belajar dan Pembelajaran Fisika,  Numbered Head Together (NHT), prestasi belajar.

Dalam Kurikulum 2013 saat ini, guru di harapkan dapat membuat pembelajaran yang berpusat pada siswa secara aktif, kreatif dan kontekstual. Masih banyak siswa yang berpikir bahwa fisika itu sulit dengan banyaknya rumus dan tidak penting, padahal pelajaran fisika sudah banyak penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan bekerjasama dengan teman kelompok juga penting bagi siswa untuk lebih memudahkannya dalam memahami materi fisika. Sehingga dalam penelitian ini, dibahas terkait dengan model pembelajaran  kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).  Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah  Hukum Gravitasi Newton.

Fokus penelitian ini adalah (1) Mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar siswa  yang belajar dengan  model pembelajaran kooperatif tipe NHT  dibanding dengan model pembelajaran Konvensional. (2) Mengetahui pengaruh yang lebih tinggi terhadap prestasi belajar siswa antara   model pembelajaran kooperatif  tipe NHT  dengan  model pembelajaran konvensional.

Metode penelitaan menggunakan eksperimen kuasi dengan model posttest only control gorup desaign. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas X MIPA SMAN 6 Malang tahun ajaran 2016/2017. Penentuan sampel dengan cara cluster random sampling. Dalam penelitian ini, kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang akan menggunakan  model pembelajaran konvensional. Data penelitian yang diperoleh adalah nilai prestasi belajar fisika dari hasil post-test. Terdapat 15 soal pilihan ganda materi hukum gravitasi newton yang telah melalui uji judgement dan uji validitas, sehingga dapat digunakan sebagai instrument  tes prestasi belajar.

Hasil analisis data prestasi belajar fisika dengan  Independent-Sample T Tests  pada program SPSS, diperoleh sign.(2-tailed) 0,000 < 0,025. Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar  siswa kelas X MIPA SMAN 6 Malang yang belajar dengan  model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibanding siswa yang belajar dengan model  pembelajaran konvensional. Nilai rerata prestasi belajar fisika kelas eksperimen  61 dan rerata kelas kontrol 45. Nilai rerata prestasi belajar fisika siswa menunjukan model pembelajaran kooperatif tipe NHT  memiliki pengaruh yang lebih tinggi terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIPA SMAN 6 Malang dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.