SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran SiMaYang terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas X SMA Negeri 06 Malang Pokok Bahasan Usaha dan Energi

Firda Ulya Nur Rosyidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Rosyidah, Firda Ulya Nur. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran SiMaYangterhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas X SMA Negeri 06 MalangPokok Bahasan Usaha dan Energi, Skripsi, Program Studi PendidikanFisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu PengetahuanAlam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Nuril Munfaridah,S. Pd., M.Pd. (II) Dr. Lia Yuliati, M.Pd.

 

Kata kunci: SiMaYang, penguasaan konsep, usaha dan energi

Salah satu pokok bahasan fisika di SMA yang memiliki karakteristik abstrak dan membutuhkan cara penyajian khusus untuk menguasai konsepnya adalah pokok bahasan usaha dan energi. Pembelajaran dengan berbagai bentuk penyajian disebut dengan pembelajaran multi representasi. Pembelajaran multi representasi dapat membantu peserta didik menguasai konsep fisika. Kondisi demikian dapat dicapai karena pembelajaran multi representasi memiliki tiga fungsi utama, yaitu sebagai pelengkap informasi, pembatasinterpretasi, dan pembangun pemahaman yang lebih dalam. Salah satu model pembelajaran yang berbasis pendekatan multi representasi adalah model pembelajaran SiMaYang. Model pembelajaran ini memiliki 4 sintak yaitu (1) orientasi, (2) eksplorasi-imajinasi, (3) internalisasi dan (4) evaluasi. Model pembelajaran SiMaYang bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SiMaYang terhadap penguasaan konsep siswa kelas X SMA Negeri 06 Malang pada topik usaha dan energi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah  post-test only control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang dipilih secara purposive sampling. Kelas eksperimen berjumlah 31 siswa, sedangkan kelas kontrol 30 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaranSiMaYang dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Data keterlaksanaan pembelajaran di analisis berdasarkan persentase keterlaksanaan pembelajaran. Data penguasaan konsep di analisis dengan uji beda.

Pembelajaran di kelas ekseperimen dan kelas kontrol terlaksana 89,24% dan 84,88%. Uji hipotesis menggunakan uji-tone tailed. Nilai signifikasi yang dihasilkan adalah . Dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep siswa yang diajar dengan model pembelajaran SiMaYang lebih tinggi dari pada penguasaan konsep siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Kondisi ini diperoleh karena siswa yang terbiasa belajar dengan model pembelajaran SiMaYang akan memiliki alur berpikir yang sesuai konsep sehingga memiliki penguasaan konsep lebih baik. Model pembelajaran SiMaYang dapat membantu siswa menguasai konsep pada pokok bahasan yang membutuhkan multi representasi, seperti termodinamika, listrik, magnet, dan fisika kuantum. Model pembelajaran SiMaYang masih jarang digunakan di mata pelajaran fisika, sehingga perlu dilakukan penelitian pada pokok bahasan fisika yang membutuhkan penyajian khusus.