SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA DALAM PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON PADA KONSEP HUKUM NEWTON TENTANG GERAK

Hendri Irwantoro Irwantoro

Abstrak


ABSTRAK

Irwantoro, Hendri. 2017. Penguasaan Konsep Fisika Siswa Dalam Pembelajaran Inquiry Lesson Pada Konsep Hukum Newton Tentang Gerak. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Nuril Munfaridah, S. Pd., M. Pd, (II) Dr. Sutopo, M.Si.

 

Kata Kunci: penguasaan konsep, inquiry lesson, force concept inventory, hukum newton tentang gerak

 

Siswa memiliki konsep yang berbeda dalam menjelaskan suatu fenomena, bahkan seringkali ditemukan kesalahan pemahaman terutama pada konsep gaya dan gerak. Penelitian ini memberikan pertimbangan bagaimana pengaruh pembelajaran inquiry lesson pada penguasaan konsep fisika, bagaimana kebermanfaatan dalam pembelajaran dan apa saja kesulitan siswa yang belum teratasi melalui pembelajaran inquiry lesson.

Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods desain embedded experimental. Data yang dianalisis berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inquiry lesson terhadap penguasaan konsep fisika siswa dan kelompok siswa yang mendapatkan manfaat pembelajaran, sedangkan data kualitatif untuk mengetahui kesulitan siswa dalam pembelajaran hukum newton tentang gerak. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 5 MAN 1 Malang yang terdiri dari 33 siswa laki-laki. Pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi, sedangkan data kuantitatif berupa skor pretest dan posttest. Jumlah soal yang digunakan sebanyak 12 butir soal dari FCI dengan r = 0,57, penggunaan instrumen force concept inventory (FCI) untuk mengukur penguasaan konsep fisika siswa terhadap konsep gaya pada materi hukum newton tentang gerak. Analisis data menggunakan uji paired sample t test, d effect size, rata-rata Ngain, correlations, one sample t test, dan crosstabulation.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inquiry lesson dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika siswa pada materi hukum newton tentang gerak (p = 0,00 < 0,05) dengan d-effect size 1,69 dan N-gain 0,31. Uji beda one sample t test didapatkan hasil 0,88 (tidak beda signifikan), dapat disimpulkan bahwa rata-rata sebaran N-gain siswa tidak berbeda dengan N-gain rata-rata kelas, artinya semua kelompok siswa mendapatkan manfaat yang sama, tidak bergantung pada kemampuan awal siswa, semua mendapatkan sebaran Ngain yang sebanding. Keadaan tersebut dalam situasi normal shift. Kesulitan yang belum teratasi dengan baik dapat ditemukan secara spesifik pada kesalahan pemahaman siswa saat pembelajaran dimana; (1) Massa yang lebih besar menyatakan gaya yang lebih besar, (2) Benda yang lebih berat jatuh lebih cepat, (3) Adanya gaya sentrifugal, (4) Tidak ada gerak menyatakan tidak ada gaya, (5) Massa yang besar menyebabkan benda berhenti bergerak. Saran yang diberikan sebagai berikut; pembelajaran mengenai gerak melingkar lebih tepatnya menggunakan penerapan hukum pertama Newton, dan perlu dikembangkan kembali menggunakan strategi pembelajaran yang dapat mengatasi kesulitan siswa seperti pembelajaran multirepresentasi.