SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII-C pada Materi Pesawat Sederhana di SMP Negeri 1 Gurah Kediri

Weni Hertin Widiyasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Hertin W, Weni. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII-C pada Materi Pesawat Sederhana di SMP Negeri 1 Gurah Kediri. Skripsi, Jurusan Fisika, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Wartono, M.Pd, (II) Drs. Kadim Masjkur, M.Pd.

 

Kata Kunci:model, STAD, prestasi belajar

Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui proses peningkatan prestasi belajar siswa jika diterapkan model pembelajaran STAD pada materi pesawat sederhana.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal-soal tes, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar wawancara, angket respon siswa dan catatan lapangan. Data penelitian berupa nilai afektif (sikap) siswa, nilai kognitif siswa (berupa pretest dan nilai post-test) dan nilai psikomotorik siswa (keterampilan), hasil observasi aktivitas guru dan siswa, hasil wawancara observer, catatan lapangan observer dan respon siswa terhadap pembelajaran.Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Kegiatan analisis data ada 3 tahap yaitu mencari kualitas pembelajaran, peningkatan prestasi belajar siswa dan respon siswa terhadap model pembelajaran

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, kualitas pembelajaran jika menggunakan model pembelajaran STAD meningkat dari Siklus I dan II dan dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta aktivitas siswa terhadap model pembelajaran. Kedua, peningkatan prestasi belajar dari siklus I dan II sudah tampak, ini dibuktikan dari penilaian yang meliputi 3 ranah yaitu afektif, kognitif dan psikomotorik yang meningkan dari setiap pertemuan. Ketiga, respon siswa terhadap model pembelajaran ini adalah sangat bai, hal ini dibuktikan dari hasil angket siswa yang menunjukkan bahwa siswa merasa senang, tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran, mampu berinteraksi dengan teman sekelompoknya dan mampu menyalurkan ide atau gagasannya serta aktif bertanya jika ada yang belum dimengerti.