SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kegiatan Laboratorium Riil dan Virtual terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Usaha dan Energi Kelas X SMAN 1 Tumpang

Nur Ainun Nikmah

Abstrak


ABSTRAK

 

Nikmah, Nur Ainun. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kegiatan Laboratorium Riil dan Virtual terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Usaha dan Energi Kelas X SMAN 1 Tumpang. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Kadim Masjkur, M.Pd, (II) Dr. H. Edi Supriana, M.Si.

 

Kata Kunci : Inkuiri terbimbing, laboratorium, laboratorium riil, laboratorium virtual, prestasi belajar

Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan pembelajaran yang melatih siswa untuk berpikir dalam memecahkan masalah dan menemukan suatu konsep dengan bimbingan guru dalam setiap tahapan pembelajaran. Model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kegiatan laboratorium riil adalah pembelajaran inkuiri terbimbing yang dilengkapi dengan kegiatan laboratorium riil yakni percobaan dengan menggunakan alat-alat dan bahan nyata. Sedangkan model inkuiri berbasis kegiatan laboratorium virtual adalah pembelajaran inkuiri terbimbing yang dilengkapi dengan kegiatan laboratorium virtual yakni laboratorium dengan alat/media komputer yang dilengkapi software. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kegiatan laboratorium riil dan virtual terhadap prestasi belajar Fisika SMA.

Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Tumpang pada bulan Februari sampai dengan Maret 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini menggunakan kelas X  MIA 4 sebagai kelas kontrol dan X MIA 5 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Postest Control Group Desaign. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa perlakuan diberikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kegiatan laboratorium virtual sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kegiatan laboratorium riil. Teknik pengumpuan data adalah dengan teknik tes. Instrumen yang digunakan adalah 20 soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban.

Analisis data untuk mengkaji perbedaan prestasi siswa menggunakan uji independent sample T-test dengan bantuan IBM SPSS 23.  diperoleh signifikansi=0,007 1,99 (ttabel) maka H0 ditolak dan Ha diterima . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Tumpang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kegiatan laboratorium riil dan virtual. Rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 82,5676 dan pada kelas kontrol 76,6757.