SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Fluida Statik.

Fitriningtias Choirony

Abstrak


Pendekatan saintifik merupakan terobosan terbaru kurikulum 2013 dengan pengorganisasian pengalaman belajar yang meliputi komponen mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan. Namun, berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa kegiatan pokok pendekatan saintifik tidak dapat terlaksana seluruhnya karena terkendala waktu dan terdapat kesulitan mendapatkan media pembelajaran yang cocok. Berdasarkan hasil studi pendahuluan juga diperoleh penggunaan media berbasis multimedia interaktif dapat membantu siswa dalam memahami materi. Dengan demikian dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi fluida statik.

Model pengembangan dalam penelitian ini adalah metode Four D-Models (4D-Model) yang meliputi (1) define (mendefinisikan), (2) design (merencanakan), (3) develop (mengembangkan), dan (4) disseminate (menyebarkan). Penelitian ini dilaksanakan sampai tahap develop (mengembangkan). Penentuan tahap penelitian disesuaikan dengan karakteristik subyek dan tempat dilakukannya penelitian. Jenis data yang digunakan berupa kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapat dari nilai rata-rata intrumen validasi dan uji kelayakan sedangkan data kualitatif didapat dari saran dan komentar dari validator dan subjek uji coba. Pelaksanaan uji coba produk terbatas dilakukan di MAN 1 Pamekasan dengan jumlah subjek uji coba sebanyak 26 siswa.

Didapatkan data kuantitatif untuk uji keterbacaan hasil validasi materi sebesar 84,40%, dan hasil validasi media sebesar 80,49%. Sedangkan untuk data kualitatif untuk uji kelayakan dapat ditarik kesimpulan bahwa lebih dari 80% siswa menyatakan bahwa multimedia interaktif ini sangat membantu dalam proses pembelajaran.