SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Multirepresentasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pokok Bahasan Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi Siswa kelas XI-MIA 3 SMA Negeri 02 Batu

Faizatun Nisa'

Abstrak


ABSTRAK

 

Materi kesetimbangan dan dinamika rotasi membutuhkan kemampuan pemecahan masalah yang tinggi, namunkemampuan pemecahan masalah siswa dikelas XI MIA 3 SMAN 02 Batu masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah pembelajaran multirepresentasi karena beberapa representasi diperlukan dalam proses pemecahan masalah.Oleh karena itu diperlukan penerapan pembelajaran multirepresentasi karena dapat membantu siswa lebih fokus dalam mempelajari konsep fisika dan berperan penting dalam keefektifan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikandan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan kesetimbangan dan dinamika rotasi siswa kelas XI MIA 3 di SMAN 02 Batu dengan menerapkan pembelajaran multirepresentasi.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelasyang terdiri atas: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 SMAN 02 Batu yang berjumlah 33 siswa dengan kemampuan heterogen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen lembar kuisioner, lembar wawancara, lembar observasi, lembar soal pemecahan masalah, lembar rencana pelaksanaan pembelajaran, dan lembar kerja siswa.Instrumen penelitian digunakan untuk menggumpulkan data dengan cara menyebarkan angket, wawancara, observasi, rekam kegiatan dan tes. Data yang diperoleh akan direduksi, disajikan dalam bentuk naratif, diagram dan tabel, kemudian ditarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus Isebesar 78,4 dan pada siklus II sebesar 79,3. Pada  siklus I, 21 siswa termasuk kelompok expertdan 12 siswa termasuk kelompok novice. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa kelompok expert meningkat menjadi 23 siswa dari 33 siswa. Terlihat dari nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang meningkat disetiap siklus, hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran multirepresentasi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI MIA 3 SMAN 02 Batu.Saran bagi guru saat menerapkan pembelajaran multirepresentasi dalam materi kesetimbangan dan dinamika rotasi lebih menekankan representasi diagram gaya dan bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian tentang pembelajaran multirepresentasi dengan kondisi subjek yang sama disarankan agar menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran multirepresentasi yang dapat mengamati aktivitas guru dan siswa.