SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Information and Comunication Tecnology (ICT) terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Pokok Bahasan Hukum Newton Gravitasi

Nenes Rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

Rahmawati, Nenes,N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Information and Comunication Tecnology (ICT) terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Pokok Bahasan Hukum Newton Gravitasi. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sulur, S.Pd, M.Si, M.T.D, (II) Edi Supriana, Dr., M.Si, H.

Kata Kunci: Guided Inquiry, Information and Comunication Tecnology (ICT), Prestasi Belajar

Salah satu tujuan dari pembelajaran Guided Inquiry dan Guided Inquiry berbantuan ICT adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Guru sebagai tenaga pendidik memegang peranan penting dalam peningkatan prestasi belajar siswa, melalui pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan Information And Comunication Tecnology (ICT) terhadap prestasi belajar Fisika siswa pokok bahasan Hukum Newton Gravitasi.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian posttest only control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA di SMA Negeri 1 Tumpang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang dipilih adalah kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 39 siswa, serta kelas X IPA 3 sebagai kelas control berjumlah 39 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran guided inquiry berbantuan Information And Communication Technology (ICT)  pada kelas ekperimen dan model pembelajaran guided inquiry pada kelas kontrol. Sedangkan, variabel terikat dalam penelitian ini adalah prestasis belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan dua macam instrumen, yaitu instrumen perlakuan (Silabus, RPP, dan LKS) dan intrumen pengukuran (lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, post test prestasi belajar Fisika siswa).

Hasil uji-t menunjukkan nilai t sebesar 4,248 lebih besar dari dan t sebesar 1,999 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai signifikansi 0,05. Dari hasil uji-t  dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan Information And Communication Technology (ICT) berbeda dengan prestasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Guided Inquiry tanpa bantuan Information And Communication Technology (ICT). Rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 83,9 dan kelas kontrol 74,28.