SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penguasaan Konsep Fisika pada Pembelajaran Brain Based Learning berbantuan Thinking Maps Materi Fluida Dinamis Siswa SMAN 1 Puri Mojokerto.

Atika Isnaining Dyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Dyah, Atika Isnaining. 2017. Penguasaan Konsep Fisika pada Pembelajaran Brain Based Learning berbantuan Thinking Maps Materi Fluida Dinamis Siswa SMAN 1 Puri Mojokerto. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Suyudi, M.Pd, (II) Drs. Purbo Suwasono, M.Si.

 

Kata Kunci: brain based learning, thinking maps, penguasaan konsep

Keberhasilan pembelajaran fisika dapat dilihat salah satunya dari penguasaan konsep yang dimiliki siswa. Pembelajaran fisika melibatkan proses berpikir yang tidak terlepas dari organ utama manusia yaitu otak. Salah satu model pembelajaran yang dapat memaksimalkan fungsi otak adalah Brain Based Learning (BBL). BBL lebih optimal jika digunakan thinking maps dalam tahapannya. Thinking maps sangat menguntungkan bagi siswa dan guru karena dapat menuangkan ide dan konsep (Long & Carlson, 2011). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembelajaran brain based learning berbantuan thinking maps dan mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa yang belajar menggunakan brain based learning berbantuan thinking maps pada materi fluida dinamis kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Puri Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Desain dalam penelitian ini adalah One Group Pre-test Post-test. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 1 Puri Mojokerto. Dalam hal ini, peneliti sebagai instrumen utama. Data  penelitian ini adalah pembelajaran brain based learning dengan thinking maps dan penguasaan konsep siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan tes. Data hasil tes dianalisis menggunakan gain ternormalisasi, cohen d-effect size, dan paired sample t-test.

Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran brain based learning berbantuan thinking maps secara keseluruhan telah berada diatas 80%. Siswa dilatih untuk mengajukan pendapat, melakukan percobaan, berdiskusi dengan teman satu kelompok, presentasi hasil diskusi, dan menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan. Selain itu, siswa membuat thinking maps dengan pemikiran siswa sendiri diakhir pembelajaran. Thinking maps yang digunakan siswa bervariasi. Thinking maps yang paling banyak dibuat oleh siswa pada saat penugasan adalah brace map. Hasil perhitungan nilai N-gain ternormalisasi untuk rata-rata pre-test dan post-test sebesar 0,4634 dengan interpretasi medium atas, nilai Cohen’s d-effect size (d) sebesar 2,6991 dengan interpretasi lebih besar sekali dari standar, dan paired t-test sebesar 13,191 menunjukkan bahwa pembelajaran brain based learning berbantuan thinking maps sangat berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa.