SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Visual Scaffolding terhadap Penguasaan Konsep Fisika SMA

Ajeng Betari Erlinda

Abstrak


ABSTRAK

 

Betari, A. E. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dengan Visual Scaffolding Terhadap Penguasaan Konsep Fisika SMA. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Asim, M.Pd., (II) Drs. Agus Suyudi, M.Pd.

 

Kata Kunci : Think Pair Share, Visual Scaffolding, Penguasaan Konsep

Penguasaan konsep adalah kemampuan mengerti, memahami, mengaplikasikan, mengklasifikasikan, menggeneralisasikan, mensintesis, dan menyimpulkan objek-objek. Oleh karena itu penguasaan konsep ini sangat penting dalam pembelajaran. Melalui penguasaan konsep siswa dapat mengambil keputusan dalam memecahkan masalah dengan baik. Agar dapat menguasai konsep dengan baik siswa harus secara aktif memperoleh konsep tersebut, namun tetap harus ada bimbingan dari guru. Model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan aktivitas siswa untuk memperoleh pengauasaan konsep fisika tersebut adalah model pembelajaran Think Pair Share dengan Visual Scaffolding. Model pemebelajaran ini menekankan siswa untuk secara aktif memperoleh pengetahuan mereka sendiri maupun berkolaborasi dengan pasangannya dengan bantuan yang diberikan guru berupa link map untuk membantu siswa dalam mengkonstruk pengetahuan mereka secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Think Pair Share dengan Visual Scaffolding terhadap penguasaan konsep fisika SMA.

Penelitian yang merupakan penelitian quasi experiment dan dirancang menggunkan desain penelitian Pretest-Posttest Control Grup Desing. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-MIPA SMA Negeri 1 Pandaan. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Cluster Sampling diperoleh kelas X-MIPA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data penguasaan konsep siswa diperoleh melalui tes penguasaan konsep dalam bentuk soal pilihan ganda berjumlah 15 soal. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t dan kesamaan rerata untuk menguji hipotesis penelitian.

Hasil uji hipotesis didapatkan   1.6672 =  maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan penguasaan konsep kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran think pair share dengan scaffolding visual lebih tinggi dibandingkan dengan penguasaan konsep kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.