SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media PhET Simulation Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa MAN Kota Batu

Reczy

Abstrak


ABSTRAK

 

Reczy. 2017. Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Berbantuan Media PhET Simulation Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Man Kota Batu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sujito, S.Pd, M.Si, (II) Drs. Agus Suyudi, M.Pd

 

Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, PhET,  Prestasi Belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara prestasi belajar siswa yang pembelajarannya Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media PhET Simulation dengan siswa yang pembelajarannya konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Kota Batu.

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment design dengan jenis pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Clusster Random Sampling. Sampel penelitian berjumlah 33 untuk kelas eksperimen dan 33 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrument tes prestasi belajar berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas (koefisien korelasi point biserial antara 0,2619 sampai dengan 0,5556), reliabilitas (𝑟11 = 0,53), taraf kesukaran (0,1818 sampai dengan 0,8636), dan daya pembedanya (0,1667 sampai dengan 0,667). Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yakni uji normalitas dan homogenitas. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara prestasi belajar siswa yang pembelajarannya inkuiri terbimbing berbasis laboratorium riil berbantuan media PhET Simulation dengan prestasi belajar siswa yang pembelajarannya konvensional.

Nilai rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen adalah 11,4848 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 7,6667. Analisis data menggunakan uji-t, hasil perhitungan prestasi menunjukaan Sig. (2-tailed)  0.000 < 0.05 . Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, ada perbedaan rata-rata prestasi belajar antara kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium Riil Berbantuan Media Phet Simulation dengan kelompok siswa yang belajar  menggunakan pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata posttest menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas eksperimen  lebih tinggi daripada kelas kontrol, berarti ada pengaruh pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium Riil Berbantuan Media Phet Simulation terhadap prestasi belajar siswa.