SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Hukum-Hukum Newton secara Terintegrasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA

Elvi Cahyaning Tyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Tyas, Elvi Cahyaning. 2017. Pembelajaran Hukum-Hukum Newton secara Terintegrasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep siswa Kelas X SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo, M.Si, (II) Drs. Kadim Masjkur, M.Pd

 

Kata Kunci : Terintegrasi, pemahaman konsep, Hukum Newton

Salah satu fokus penelitian dalam bidang pendidikan fisika adalah tentang pemahaman konsep siswa. Banyak penelitian yang mengungkap bahwa siswa banyak mengalami kesulitan dengan pemahaman konsep. Kesulitan pemahaman konsep dapat menghambat proses penerimaan konsep-konsep baru. Oleh karena itu kesulitan pemahaman konsep harus segera diatasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Hukum-Hukum Newton secara terintegrasi, untuk mengetahui siapa saja yang mendapat manfaat lebih dalam pembelajaran Hukum-Hukum Newton secara terintegrasi, dan untuk mengetahui miskonsepsi apa saja yang dapat diperbaiki melalui pembelajaran terintegrasi. Penelitian ini mengangkat subtopik Hukum I, II, III Newton yang disajikan secara terintegrasi dengan didukung konsep interaksi gaya dan penguraian gaya.

Metode Penelitian yang digunakan adalah gabungan kuantitatif dan kualitatif yaitu mixed methods jenis embedded design. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa pada materi Hukum Newton untuk mengetahui efektivitas pembelajaran terintegrasi dan siapa yang lebih merasakan manfaat dari pembelajaran terintegrasi terhadap pemahaman konsep siswa. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi dan wawancara untuk mengetahui miskonsepsi apa saja yang dapat diperbaiki melalui pembelajaran terintegrasi. Subjek penelitian adalah 68 siswa kelas X MIA 1 dan X MIA 2 SMA Negeri 01 Batu.

Berdasarkan hasil analisis, pembelajaran terintegrasi dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Hukum Newton dengan d-effect size 4,13 yang termasuk dalam kategori "tinggi" dan N-gain rata-rata () 0,594 yang tergolong kategori medium atas. Rata-rata N-gain ( 0,598 > N-gain rata-rata () = 0,594 dengan SDpost = 0,91 > SDpre = 2,30 yang termasuk kategori expansion yaitu manfaat pembelajaran lebih dirasakan oleh siswa yang nilai pretest-nya tinggi. Miskonsepsi siswa yang dapat diatasi melalui pembelajaran terintegrasi antara lain keyakinan siswa bahwa (1) harus selalu ada gaya yang searah dengan arah gerak benda untuk membuat benda terus bergerak, (2) arah gerak benda ditentukan oleh arah gaya yang lebih besar atau lebih dominan, dan (3) gaya konstan menghasilkan kecepatan konstan pada gerak benda. Penelitian selanjutnya disarankan memodifikasi pembelajaran ini supaya manfaat pembelajaran dapat dirasakan secara menyeluruh oleh siswa dengan skor pretest tinggi maupun siswa dengan skor pretest rendah