SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Mobile Learning untuk Memudahkan Siswa Mempelajari Materi Gerak Parabola

Aras Hanif Afiat

Abstrak


ABSTRAK

 

Afiat, Aras, hanif. 2017. Pengembangan Media Mobile Learning untuk Memudahkan Siswa Mempelajari Materi Gerak Parabola. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Winarto, M. Pd, (II) Dra. Endang Purwaningsih, M. Si,

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Fisika, Smartphone

Pendidikan di Indonesia menerapkan kurikulum 2013 revisi. Kurikulum 2013 revisi menekankan pada pembelajaran dengan pendekatan scientifik approach dengan proses pembelajaran dipusatkan pada peserta didik. Dalam pelaksaannya, pendekatan saintifik mengharuskan peserta didik untuk aktif mencari. Di sisi lain, era teknologi saat ini telah berkembang dengan pesat. Salah satu fenomena umum yang terjadi dalam masyarakat adalah penggunaan smartphone. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Laboratorium UM, diketahui bahwa semua siswa telah menggunakan smartphone, namun tidak semua siswa telah memanfaatkan smartphone tersebut sebagai media  pembantu belajar. Jika penggunaan smartphone dalam pembelajaran berhasil diterapkan, maka peningkatan kualitas pembelajaran akan semakin baik. Pasalnya, smartphone terbukti dapat memvisualisasikan berbagai konsep abstrak dan rumit. Hal ini sangat membantu siswa dalam mempelajari suatu topik. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian dan pengembangan dalam rangka mengembangkan aplikasi smartphone yang dapat memudahkan siswa dalam memahami suatu materi bahasan.

Produk dikembangkan dalam bentuk aplikasi android dan flash komputer. Dalam melaksanakan pengembangan digunakan Metode Alessi dan Trolley. Selanjutnya, diambil tiga langkah penelitian yaitu: studi pendahuluan, pengembangan produk, dan uji coba produk. Jenis data yang diambil adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diambil dari angket validasi materi dan angket validasi media yang dilakukan oleh validator ahli. Data kualitatif diambil berdasarkan dari hasil angket yang diberikan kepada siswa melalui uji coba terbatas. Uji coba terbatas dilakukan di SMA Laboratorium UM dengan jumlah siswa 33.

Hasil penelitian diperoleh produk swf yang diperuntukkan bagi guru dan produk apk yang diperuntukkan bagi siswa. Di dalam produk dilengkapi materi gerak parabola yang dilengkapi dengan simulasi dan animasi. Produk juga dilengkapi dengan latihan soal disertai dengan jawaban. Berdasarkan data hasil dan analisis data, media ini telah dinyatakan layak oleh ahli validasi dengan persentase kelayakan materi sebesar 92,9% dan kelayakan media sebesar 88,42%. Berdasarkan data uji coba, hampir semua siswa merespons produk dengan positif. Oleh sebab itu, produk telah layak diterapkan dalam pembelajaran.