SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Thinking Maps terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas XI MIA SMAN 5 Malang

SHINTA NURMALA DEWI

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Shinta, Nurmala. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Thinking maps Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas XI MIA SMAN 5 Malang. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Nuril Munfaridah, M.Pd (II) Drs. Asim, M.Pd.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, Thinking maps, Penguasaan Konsep Fisika.

Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dengan scientific approach dapat memfokuskan siswa untuk berpikir secara ilmiah yang nantinya berdampak pada penguasaan konsep siswa. Problem based learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan scientific approach. PBL merupakan sebuah model pembelajaran yang menyajikan permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari siswa sehingga merangsang siswa untuk belajar. Pengorganisasian masalah ini dapat dilakukan dengan menghadirkan thinking maps dalam PBL yang diharapkan memudahkan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini berfungsi untuk mengetahui pengaruh PBL berbantuan thinking maps terhadap penguasaan konsep fisika siswa kelas XI MIA SMAN 5 Malang.

Jenis penelitian yang dilakukan yaitu quasi experiment dengan posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes penguasaan konsep fisika pada 68 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan model PBL berbantuan thinking maps dan kelas kontrol dengan model PBL tanpa bantuan thinking maps. Instrumen perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, dan LKS. Sedangkan instrumen pengukuran yaitu  20 soal pilihan ganda penguasaan konsep fisika. Hasil tes diuji prasyarat menggunakan uji normalitas Chi-Square dan uji homogenitas Fisher. Selanjutnya, dilanjutkan uji hipotesis menggunakan Uji-t dengan taraf signifikansi 5%.

Hasil penelitian pembelajaran pada model PBL berbantuan thinking maps sudah terlaksana dengan baik dengan rata-rata keterlaksanaan 90,35%. Hasil Uji-t didapat bahwa thitung=2,1418>ttabel=1,9966, sehingga disimpulkan bahwa penguasaan konsep fisika siswa yang belajar menggunakan model PBL berbantuan thinking maps lebih tinggi dari pada siswa yang belajar mengunakan model PBL tanpa thinking maps. Thinking maps dapat membantu siswa dalam menentukan strategi yang digunakan dalam memecahkan masalah. Thinking maps yang paling banyak dibuat oleh siswa adalah bubble map, kondisi ini sesuai dengan rata-rata tingkat kognitif kelas pada tingkat C3. Siswa dengan tingkat kognitif C4 mampu membuat 3 jenis thinking maps yang berbeda pada tiap subbab dan nilai posttest yang didapatkan berada diatas rata-rata yaitu 85. Pada penelitian ini belum dilakukan kajian yang lebih mendalam tentang kesesuaian penggunaan thinking maps dengan materi yang fisika. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk analisis penggunaan thinking maps terhadap karakteristik materi.