SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Penguasaan Konsep Fisika Kelas X SMAN 10 Malang pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi

Dian Rosmeinar

Abstrak


ABSTRAK

 

Rosmeinar, D. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Penguasaan Konsep Fisika Kelas X SMAN 10 Malang pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Purbo Suwasono M.Si., (II) Drs. Kadim Masjkur M.Pd.

                                 

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, dan penguasaan konsep

 

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang tergolong sulit bagi siswa. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran fisika cenderung banyak menjelaskan teori (berpusat pada guru) dan terdiri dari banyak rumus. Dikarenakan hal tersebut, siswa cenderung tidak menyukai pelajaran fisika sehingga berdampak pada penguasaan konsep fisika siswa tersebut. Pembelajaran yang berpusat pada guru ini perlu dilakukan upaya pengembangan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif selama kegiatan pembelajaran yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing. Keterlibatan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran menimbulkan suasana pembelajaran yang aktif dan membangun komunikasi yang baik antar siswa maupun siswa dengan guru melalui kegiatan diskusi dan tanya-jawab. Dengan demikian, pembelajaran inkuiri terbimbing dapat membantu siswa untuk menemukan dan mengkontruksi konsep yang dipelajarinya, sehingga berdampak positif pada penguasaan konsep fisika.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian semu (quasi eksperiment design). Bentuk rancangan eksperimen yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 10 Malang. Instrumen penelitian terdiri atas silabus, RPP, LKS, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan butir soal penguasaan konsep fisika sebanyak 30 butir soal pilihan ganda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan posttest, penugasan, dan observasi.

Hasil penelitian model pembelajaran inkuiri terbimbing secara keseluruhan telah berada di atas 80%. Siswa dilatih untuk mengajukan pertanyaan, membuat prediksi, melakukan percobaan, berdiskusi dengan teman satu kelompok, memverifikasi hasil diskusi di kelas melalui presentasi dan menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penguasaan konsep fisika siswa yang dilaksanakan melalui posttest memiliki rata-rata untuk kelas kontrol sebesar 75,89 dan untuk kelas eksperimen sebesar 83,89. Diperoleh tHitung sebesar 10,21065 dengan tTabel sebesar 1,9949, maka tHitung  tTabel. Sehingga penguasaan konsep fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada penguasaan konsep fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.