SKRIPSI Jurusan Fisika - Fakultas MIPA UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dampak Assessment for Learning Berbasis Web terhadap Hasil Belajar Kognitif Siwa pada Materi Gerak Harmonis Sederhana

Dewi Sri Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Dewi Sri. 2017. Dampak Assessment for Learning Berbasis Web terhadap Hasil Belajar Kognitif Siwa pada Materi Gerak Harmonis Sederhana. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sujito, S.Pd, M.Si (II)Dr.Sentot Kusairi, S.Pd, M.Si

 

Kata Kunci: assessment for learning, try out, feedback,assessment formative

Assessment for Learning (AfL) disebut juga assessment formative , dilaksanakan lebih dari sekali dan secara berkelanjutan.Kualitas Assessment for Learning dapat dipengaruhi oleh pemberian feedback yang tepat waktu. Feedback yang diberikan tepat waktu dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di dalam kelas. Feedback mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Assessment for Learning berbasis web terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi gerak harmonis sederhana kelas X MIPA SMA di SMAN 1 Talun.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Instrumen berupa RPP dan soal pilihan ganda. Data penelitian ini didapatkan dari perlakuan Assessment for Learning yang berupa try out dan tes kemampuan akhir berupa postest. Kelas eksperimen melaksanakan try out berbasis web dan kelas kontrol melaksanakan try out berbasis konvensional. Nilai dari postest merupakan hasil belajar kognitif dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Hasil penelitian menunjukkanthitung>ttabel yaitu 3,620>1,998 dan rerata nilai postest kelas eksperimen lebih baik daripada rerata kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa Assessment for Learning berbasis web mempunyai dampak yang lebih baik terhadap hasil belajar kognitif siswa.